Mukomuko (ANTARA News) - Hujan lebat disertai angin kencang melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Senin, sehingga membuat sejumlah ruas Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di daerah itu terendam banjir.

Berdasarkan pantauan di Mukomuko, Senin, ada lima titik Jalinsum yang terendam banjir, yakni Jalinsum di Kelurahan Bandar Ratu dan Desa Ujung Padang, termasuk jalan menuju komplek perkantoran pemerintah daerah setempat.

"Setiap hujan sejumlah jalan di daerah ini pasti terendam banjir, apalagi jalan menuju komplek perkantoran pemerintah setempat," kata Alpin, warga Kelurahan Koto Jaya.

Menurutnya, Jalinsum itu rutin terendam banjir karena tidak lancarnya saluran air yang berada dalam Kecamatan Kota Mukomuko ini.

Selain itu, katanya, sejumlah ruas Jalinsum di daerah itu terlalu rendah sehingga jalan itu menampung air hujan.

Ia berharap, adanya pembangunan siring permanen agar air hujan dapat mengalir lancar ke lokasi pembuangan di sungai, termasuk peninggian sejumlah ruas Jalinsum.

Sementara itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko sampai sekarang instansinya belum menerima laporan tentang adanya kejadian banjir saat musim hujan sekarang ini dari warga dan perangkat desa di di daerah itu.

"Sampai sekarang kami belum menerima laporan dari warga setempat," kata Supervisor Pusdalop Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Hitatun A Razak.

BPBD setempat belum menerima lappran dari warga Desa Pondok Batu, Kecamatan Kota yang merupakan wilayah yang rawan banjir saat musim hujan.

(T.KR-FTO/B008)

Pewarta: Ferri Arianto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017