Jakarta (ANTARA News) - Band yang membawakan nuansa 60-an, Indische Party, mengumumkan rencana mereka melakukan tur ke mancanegara, dengan tujuan Malaysia, Inggris dan Belgia, dalam rangkaian Analog Tour 2017 sepanjang Oktober 2017.

Band yang beranggotakan Japs Shadiq (vokal), Jacobus Dimas (bass), Kubil Idris (gitar), dan Tika Pramesti (drum) akan memulai tur itu di ATAS by Bijan FX, Petaling Jaya, Malaysia, Jumat (13/10), demikian keterangan pers yang diterima di Jakarta, Selasa.

Di Negeri Jiran, Indische Party akan tampil bersama dengan unit indie rock Malaysia, Da Vagabonds, yang dimotori Noh Salleh.

Lantas pentas mereka dilanjutkan di Rich Mix Cultural Foundation, London, Inggris pada 20 Oktober 2017 dan Les Brigittines, Brussels, Belgia, sehari berselang.

Kedatangan Indische Party di dua panggung Eropa itu memenuhi undangan Europalia Arts Festival, sebuah festival seni internasional dwitahunan yang digelar di Belgia dan beberapa negara sekitarnya.

Di Eropa, Kubil dkk akan bermain dalam tema Indonesian 60's & 70's Night, bersama David Tarigan yang akan membawakan musik-musik Indonesia lewat piringan hitam serta Flower Girls, sebuah band tribute untuk Dara Puspita, yang turut dibantu Tika sebagai drummer band tersebut.

"Sebetulnya untuk konser di Europalia Arts Festival ini sudah direncanakan dari pertengahan 2016, terutama untuk Flower Girls yang membutuhkan persiapan lebih banyak sebagai band tribute. Sangat senang diberi kesempatan untuk terlibat merayakan kembali era kejayaan Dara Puspita dan memperkenalkan Indische Party di tanah Eropa untuk yang pertama kalinya," kata Tika.

Perjalanan Indische Party ke London kali ini menimbulkan semangat berbeda bagi Japs, yang mau tidak mau terkenang pengalaman mereka rekaman di studio musik legendaris, Abbey Road Studios.

"Sebetulnya ini kali kedua Indische Party datang ke London, setelah sebelumnya kami rekaman di Abbey Road Studios. Tapi yang menyenangkan, kali ini Indische Party akan tampil. Jadi setelah rekaman di negara tempat inspirasi musik kita berasal, Indische Party akan kembali untuk menyajikan hasilnya," kata Japs.

Terbentuk di Institut Kesenian Jakarta pada 2011, Indische Party telah melepas album penuh perdana Indische Party (2013), album mini On Vacation (2016) yang direkam di studio legendaris Abbey Road, London, Inggris, dan album penuh kedua, Analog (2016).

Berikut jadwal "Analog Tour 2017" Indische Party:

13 Oktober - ATAS by Bijan FX, Petaling Jaya, Malaysia
20 Oktober - Rich Mix Cultural Foundation, London, Inggris 
21 Oktober - Les Brigittines, Brussels, Belgia

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017