Sebuah kehormatan bagi Jatim karena baru kali ini upacara Hari Jadi Jatim dipimpin Mendagri
Surabaya (ANTARA News) - Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo memimpin upacara dengan bertindak sebagai inspektur pada peringatan Hari Jadi ke-72 Provinsi Jawa Timur di Tugu Pahlawan Surabaya, Kamis.

"Sebuah kehormatan bagi Jatim karena baru kali ini upacara Hari Jadi Jatim dipimpin Mendagri," ujar Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Jatim Anom Surahno kepada wartawan.

Upacara tersebut, kata dia, menjadikan Jatim sebagai satu-satunya provinsi di Indonesia yang peringatan upacaranya dipimpin langsung oleh Mendagri saat hari jadi provinsi.

Khusus tahun ini, upacara juga tidak digelar di Gedung Negara Grahadi seperti tahun-tahun sebelumnya, namun diselenggarakan di Tugu Pahlawan.

Pada kesempatan sama juga akan dilakukan penyerahan tanda kehormatan Samkarya Parasamya Purnakarya Nugraha oleh Mendagri atas nama Presiden RI Joko Widodo.

Selain Jatim, penghargaan tanda kehormatan Parasamya juga didapat oleh tiga daerah, yaitu Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Lamongan serta Kota Surabaya.

Setelah upacara peringatan hari jadi yang mengambil tema "Peningkatan Sumber Daya Manusia lewat Pendidikan Kejuruan sebagai Solusi Menuju Jawa Timur Mandiri dan Berdaya Saing Global", dilanjutkan Sidang Istimewa DPRD Jatim di Jalan Indrapura Surabaya.

Sementara itu, rangkaian kegiatan dalam menyemarakkan hari jadi provinsi, seperti Futsal Piala Gubernur Jatim, Bazar Buku Murah Internasional di JX International, Jatim Fair di Grand City, Voli Persahabatan Bupati/Wali Kota dengan Gubernur dan Anggota DPRD Jatim, Parade Barong di lapangan Kodam, Pasar Seni Lukis Indonesia, Pagelaran Wayang Kulit, Karapan Sapi dan sejumlah kegiatan lainnya. 

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017