37 tewas, ribuan mengungsi akibat banjir-longsor di Vietnam

37 tewas, ribuan mengungsi akibat banjir-longsor di Vietnam

Arsip Foto. Warga memindahkan puing-puing dari sebuah jalan saat badai Doksuri menerjang provinsi Ha Tinh, Vietnam, dalam foto yang diambil tanggal 15 September 2017. (REUTERS/Kham/cfo/17)

Hanoi (ANTARA News) - Banjir akibat hujan lebat yang melanda provinsi wilayah utara dan tengah Vietnam menyebabkan 37 orang tewas dan 40 orang lainnya hilang menurut badan penanggulangan bencana di negara Asia Tenggara itu pada Kamis.

Sebanyak 21 orang lagi terluka setelah hujan lebat menyebabkan tanah longsor dan banjir, memaksa pihak berwenang membuka saluran air dari bendungan-bendungan, kata Komite Pengarah Pusat Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Alam Vietnam di laman resminya.

Lebih dari 17.000 keluarga juga harus diungsikan dan lebih dari 200 rumah hancur sementara hampir 18.000 rumah lainnya terendam atau rusak akibat bencana itu.

Komite menambahkan bencana itu juga menyebabkan lebih dari 8.000 hektare lahan padi rusak dan sekitar 40.000 hewan mati atau hanyut.

Vietnam sering menghadapi badai dan banjir besar di sepanjang garis pantainya. Lebih dari 200 orang tewas akibat badai yang melanda tahun lalu, demikian menurut siaran kantor berita Reuters. (T.KR-AMQ)


Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar