Busan (ANTARA News) - Festival Film Internasional Busan (BIFF) di Korea Selatan dibuka pada Kamis ini di tengah banyak isu dan sengketa yang mengancam statusnya sebagai festival film terbesar di Asia.

Sengketa tersebut dimulai pada 2014, ketika Walikota Busan Suh Byoung-soo, yang konservatif dan saat itu menjadi Ketua Panitia BIFF, diduga berusaha menghalangi pemutaran film dokumenter yang mengkritik penanganan mantan Presiden Park Geun-hye atas bencana kapal feri Sewon sebagai insiden terburuk di tahun yang sama.

Pemutaran film tersebut menghasilkan satu audit khusus, yang belum pernah terjadi sebelumnya, terhadap Direktur BIFF Lee Yo-kwan, kemudian menghukum dirinya dan anggota eksekutif lainnya, serta menggulingkan dirinya dari jabatan direktur sekaligus pemotongan dana utama tahunan Kota Busan

Selama tiga tahun terakhir, BIFF terkunci dalam perselisihan dengan otoritas Kota Busan sebagai sponsor utama acara. Apalagi, kota wisata terkenal di Korea Selatan itu kini berkampanye kebebasan artistik festival.

Tiga asosiasi industri film Korea Selatan, yang dipimpin Directors Guild of Korea, dan mewakili sekitar 300 sutradara film, terus memboikot festival tersebut sejak tahun lalu.

Mereka menuntut permintaan maaf dari Wali Kota Suh Byoung-soo atas tuduhan "balas dendam politik" terhadap ekspresi artistik dan pengembalian direktur festival yang digulingkan, sehingga menciptakan krisis kepemimpinan.

Kepala pemrogram dan wakil direktur eksekutif BIFF Kim Ji-seok meninggal karena serangan jantung selama perjalanan bisnisnya ke Festival Film Cannes pada Mei 2017.

Kemudian, para pemimpin BIFF saat ini Kang Soo-youn dan Kim Dong-ho pada Agustus 2017 mengumumkan pengunduran diri selepas festival ke-22 di tahun ini.

Pengunduran diri mereka mengikuti pernyataan dari sekelompok staf BIFF yang mengkritik kedua pemimpin tersebut karena bersikap dogmatis dan tidak sepenuhnya berkomunikasi dengan staf.

Keduanya juga dikritik karena bersikap lunak terhadap Wali Kota Busan Suh Byoung-soo saat menggulingkan mantan direktur Lee.

BIFF akan berlangsung hingga 21 Oktober dan menampilkan 300 film dari 75 negara dari seluruh dunia. Tahun lalu BIFF menampilkan 299 film.

Penyanyi sekaligus aktris Im Yoon-ah, yang lebih dikenal dengan Yoona dari grup K-pop populer Girls Generation, dan aktor Jang Dong-gun akan menjadi pembawa acara dalam acara pembukaan, yang akan dimulai di Busan Cinema Center pada pukul 19.00 waktu setempat, mengikuti acara karpet merah, demikian laporan kantor berita Xinhua China.

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017