Prancis tetap berkomitmen pada UNESCO, tapi serukan gagasan baru

Prancis tetap berkomitmen pada UNESCO, tapi serukan gagasan baru

(UNESCO)

Paris, Prancis (ANTARA News) - UNESCO memiliki peran penting dalam pendidikan, perlindungan warisan dan perang melawan radikalisasi, tapi lembaga itu memerlukan gagasan baru, kata Kementerian Luar Negeri Prancis pada Kamis (12/10).

Prancis menyatakan agar Organisasi Pendidikan, Sains dan Kebudayaan PBB itu memerlukan gagasan untuk memperoleh kembali kepercayaan semua negara anggota, setelah Amerika Serikat keluar dari UNESCO.

"Lebih dari sebelumnya, UNESCO memerlukan gagasan yang berkumandang di semua negara anggotanya, yang akan memulihkan kepercayaan, mengatasi perpecahan politik dan didedikasikan semata-mata pada misi utama UNESCO," kata Juru Bicara Kementerian itu Agnes Romatet-Espagne.

"Masa depan UNESCO sangat penting buat Prancis," kata juru bicara tersebut, sebagaimana dikutip Xinhua. Ia kembali menyampaikan komitmen Prancis pada "kegiatan penting lembaga kebudayaan PBB dan bidang keahliannya ... yang memberi sumbangan untuk mencapai tujuan perdamaian PBB".

Pernyataan Prancis tersebut dikeluarkan setelah Washington, pada Kamis pagi, memberitahu UNESCO bahwa AS akan secara resmi keluar dari organisasi itu pada 31 Desember 2018.

"Kami menyesalkan keputusan AS untuk keluar dari UNESCO pada saat dukungan internasional buat organisasi ini sangat penting," kata Romatet-Espagne.
(Uu.C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar