Menko Perekonomian: Peremajaan sawit upaya tingkatkan produksi

Menko Perekonomian: Peremajaan sawit upaya tingkatkan produksi

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. (ANTARAFOTO/Basri Marzuki)

Jadi, peremajaan ini bila dipelihara secara baik maka hasilnya cukup menjanjikan."
Palembang (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, peremajaan tanaman kelapa sawit sangat diutamakan agar produksi terus meningkat.

"Apalagi, sekarang ini kondisi perkebunan kelapa sawit sudah banyak yang tua sehingga perlu diremajakan,} ujarnya dalam pertemuan dengan petani di Desa C5 Panca Tunggal, Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Jumat.

Oleh karena itu, ia mengemukakan, peresmian peremajaan kelapa sawit yang dilaksanakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat tepat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dalam tata kelola berkebun yang ramah lingkungan hidup.

Sehubungan dengan hal itu, menurut dia, pemerintah membantu  meremajakan kelapa sawit yang dilaksanakan saat ini, antara lain memberikan bibit unggul yang diberikan Menteri Pertanian dan sertifikat lahan agar masyarakat nyaman dalam berusaha.

Sementara itu, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan bahwa bibit yang diberikan tergolong unggul supaya produksi meningkat.

"Jadi, peremajaan ini bila dipelihara secara baik maka hasilnya cukup menjanjikan," ujarnya.

Selain itu, menurut dia, dalam peremajaan tersebut juga akan dikembangkan tanaman tumpang sari supaya hasil bagi petani tidak terhenti.

Kementerian Pertanian juga menyiapkan bibit jagung dan kedelai sehingga dapat ditanam di sela sela perkebunan kelapa sawit tersebut, demikian Amran Sulaiman.

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar