Jumlah korban tewas akibat banjir di Vietnam bertambah jadi 54

Jumlah korban tewas akibat banjir di Vietnam bertambah jadi 54

Ilustrasi (ANTARA News/Insan Faizin Mubarak)

Hanoi (ANTARA News) - Sedikitnya 54 orang tewas dan 39 lagi hilang akibat banjir melanda wilayah utara dan tengah Vietnam pekan ini, kata badan pencegahan bencana Vietnam pada Jumat.

Vietnam rentan dilanda badai dan banjir besar di wilayah sepanjang garis pantainya. Sebuah badai topan besar telah menimbulkan bencana di provinsi-provinsi wilayah tengah pada bulan lalu.

Banjir yang melanda Vietnam pekan ini bermula pada Senin, dan merupakan yang terburuk dalam beberapa tahun belakangan, kata Menteri Pertanian Vietnam Nguyen Xuan Cuong dalam siaran televisi pemerintah Vietnam sebagaimana dikutip Reuters.

Sembilan belas orang dari empat keluarga di Hoa Binh terkubur hidup-hidup pada Kamis, setelah terjadi tanah longsor pada Rabu tengah malam, namun hanya sembilan jenazah yang berhasil ditemukan, kata badan penanggulangan bencana tersebut dalam sebuah laporan.

Sekitar 317 rumah hancur akibat banjir dan tanah longsor pekan ini, sementara lebih dari 34.000 rumah lainnya terendam atau mengalami kerusakan.

Lebih dari 22.000 hektare tanaman padi rusak dan sekitar 180.000 hewan tewas atau hanyut.

Banjir juga memengaruhi tujuh dari 77 provinsi di Thailand, negara tetangga Vietnam di sebelah barat, kata Badan Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Thailand pada Kamis.

Lebih dari 480.000 hektare lahan pertanian Thailand terdampak, kata badan tersebut.
(Uu.KR-AMQ)

Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar