Padang (ANTARA News) - Menteri BUMN Rini Soemarno menggantikan Presiden Jokowi meninjau pembukaan lahan tol Padang-Pekanbaru di Nagari Parik Malintang Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, Sabtu.

"Rencananya presiden yang datang, tapi karena masih ada yang kurang terkait lebar jalan, saya duluan yang datang meninjau," katanya.

Lebar jalan yang telah dibebaskan pemerintah daerah saat ini selebar 34 meter sepanjang 27 kilometer. Sementara kebutuhan jalan tol selebar 60 meter.

"Kalau lebar jalan 60 meter tersebut bisa terpenuhi secepatnya, kemungkinan Presiden akan kembali menjadwalkan untuk datang ke Sumbar," kata dia.

Menurutnya jika pembebasan lahan untuk 27 kilometer dari Padang-Sicincin itu bisa selesai secepatnya, ruas tol tersebut bisa selesai pada semester I 2019.

"Sebelum lebaran 2019 sudah bisa dimanfaatkan," kata dia.

Sementara itu Direktur Utama ( Dirut) PT Hutama Karya (HK) I Gusti Ngurah Putra mengatakan pengerjaan tol Padang-Pekanbaru tahap I yang dimulai dari Padang-Sicincin akan dilakukan bersamaan pada beberapa titik.

Itu dilakukan agar pengerjaan bisa lebih cepat sesuai target pada 2019.

Namun saat ini proses yang dilakukan baru pada tahap pembukaan lahan, dilanjutkan penyelidikan tanah dan desain.

"Intinya untuk pembangunan tol ini dicari solusi anggaran termurah namun tetap mempertimbangkan kualitas," katanya.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit dalam kesempatan yang sama mengatakan pemerintah daerah mendukung penuh pembangunan tol tersebut.

"Semua bupati dan wali kota yang daerahnya dilewati tol telah menyatakan komitmennya," ujarnya.

Hal itu dibenarkan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni yang memberikan jaminan pembebasan lahan di daerahnya akan diselesaikan secepatnya.

"Masyarakat Padangpariaman mendukung. Tidak ada persoalan," katanya.

Jalan yang telah dibebaskan selebar 34 meter akan ditambah menjadi 60 meter sesuai kebutuhan.

Tol Padang-Pekanbaru sepanjang 240 kilometer rencananya akan dibagi dalam tiga tahap.

Tahap I dari Padang - Sicincin sepanjang 27 km, dilanjutkan tahap II dari Pekanbaru - Bangkinang sepanjang 17 km.

Tahap III menyelesaikan jalur tengah antara Sicincin - Bangkinang yang meliputi wilayah Padang Panjang, Bukittinggi, Payakumbuh, Pangkalan, dan Koto Panjang.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017