Azwar sudah kami kenal lama, aktivis, birokrat, track recordnya baik, dan mewakili generasi muda yang bisa kita jadikan ikon pemuda Jatim."
Jakarta (ANTARA News) - Sekjen DPP PKB Abdul Kadir Karding menyebut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur yang diusungnya, Saifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Anas, sebagai pasangan merah putih.

"Ini pasangan Merah Putih, pasangan nasionalis agamis, dari Jatim untuk Indonesia," kata Karding ketika menerima Saifullah dan Azwar di Kantor DPP PKB Jakarta, Minggu.

Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf, dan Azwar datang ke DPP PKB ditemani Wakil Sekjen DPP PDIP Ahmad Baskara. Sebelumnya PDIP resmi merekomendasikan Azwar sebagai calon wagub Jatim mendampingi Gus Ipul yang diusung PKB.

Terkait penetapan Azwar sebagai pendamping Gus Ipul, Karding mengatakan itu sepenuhnya kewenangan PDIP, PKB tak ikut campur.

Meski demikian, PKB PPP menilai Azwar, Bupati Banyuwangi, sosok yang tepat untuk mendampingi Gus Ipul yang saat ini masih menjabat sebagai wakil gubernur Jatim.

"Azwar sudah kami kenal lama, aktivis, birokrat, track recordnya baik, dan mewakili generasi muda yang bisa kita jadikan ikon pemuda Jatim," katanya.

Karding mengatakan PKB selanjutnya akan buat rekomendasi pasangan cagub dan cawagub Jatim dan menggelar rapat teknis pemenangan bersama dengan PDIP.

Meski demikian, kata Karding, PKB dan PDIP masih membuka diri bagi partai lain untuk bersama mengusung pasangan cagub-cawagub Jatim.

Sementara Ahmad Baskara menyatakan mendapat tugas khusus dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk mengantar Gus Ipul dan Anas ke DPP PKB.

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017