Posisi ini memperkokoh kekaderan Azwar Anas sebagai kader PDI Perjuangan,"
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan yang juga Sekretaris Dewan Penasihat Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi), Ahmad Basarah, mengumumkan pengangkatan Abdullah Azwar Anas sebagai Ketua DPD Bamusi Jawa Timur.

"Posisi ini memperkokoh kekaderan Azwar Anas sebagai kader PDI Perjuangan," kata Basarah dalam keterangan persnya di Jakarta, Minggu.

Bamusi merupakan organisasi sayap Islam di tubuh PDI Perjuangan.

Sebelumnya, PDI Perjuangan resmi mengusung Saifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Anas sebagai calon gubernur dan wakil gubernur dalam pemilihan kepala daerah Jawa Timur 2018. Hal tersebut diumumkan langsung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Kantor DPP PDIP Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (15/10).

Basarah menegaskan, perpaduan antara Gus Ipul, begitu Saifullah disapa, dengan Azwar Anas merupakan komitmen PDI Perjuangan yang menekankan bahwa pemilihan kepala daerah sejatinya merupakan sarana konsolidasi bangsa. Ini juga merupakan komitmen PDI Perjuangan dalam memadukan kekuatan inti bangsa, yaitu perpaduan antara kelompok nasionalis dan Islam.

"Ini juga wujud konistensi PDI Perjuangan sebagai partai nasionalis religius dengan mengusung Gus Ipul dan Saudara Azwar Anas sebagai pasangan Merah Putih," tegas Basarah.

Sekretaris Umum PP Bamusi, Nasyirul Falah Amru, menambahkan bahwa dengan pengangkatan Azwar Anas sebagai Ketua DPD Bamusi Jawa Timur diharapankan upaya Bamusi dalam mewujudkan cita-cita Islam Kebangsaan yang diwariskan Bung Karno semakin terstruktur dan masif hingga ke akar rumput, khususnya di wilayah Jawa Timur.

Sebab salah satu tugas utama Bamusi adalah mensosialisasikan sosok, figur serta ajaran-ajaran Islam Kebangsaan Bung Karno dengan benar di kalangan umat Islam dan bangsa Indonesia, katanya.

"Selama ini Bamusi bersama-sama dengan NU dan Muhammadiyah punya komitmen untuk mewujudkan Islam Nusantara yang berkemajuan untuk Indonesia Raya. Kehadiran Azwar Anas di tubuh Bamusi akan menambah api perjuangan mewujudkan cita-cita tersebut," demikian Falah Amru.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017