Jakarta (ANTARA News) - Woody Allen mengatakan dia merasa “sedih” atas Harvey Weinstein seiring dengan bertambah banyaknya tuduhan pelecehan seksual dari para perempuan di Hollywood. 
Allen mengklaim dia pernah mendengar rumor soal Weinstein tapi bukan “cerita horor seperti ini”. 

Meski dia sudah pernah bekerja beberapa kali dengan Weinstein, sutradara itu mengaku tidak pernah mendengar tuduhan pelecehan seksual atau pemerkosaan. 

“Tidak ada satu orangpun mendatangi saya atau bicara tentang cerita-cerita horor itu secara serius, kata Allen. “Dan mereka tidak akan mengatakannya, karena kamu tidak tertarik. Kamu hanya tertarik membuat film.”

“Tapi memang ada banyak rumor sepanjang waktu. Sebagian ternyata benar dan sebagian lagi cuma cerita.”

Sutradara itu sendiri menghadapi tuduhan pelecehan seksual, dia dituduh melecehkan putri adopsinya. Allen selama ini selalu menepis tuduhan tersebut.

Weinstein diketahui membantu Allen mempertahankan karirnya setelah dia dituduh melecehkan Dylan Farrow, putrinya bersama aktris Mia Farrow. 

Tuduhan itu muncul pada awal 90-an usai pasangan itu bercerai, setelah Mia Farrow mengetahui bahwa Allen punya hubungan gelap dengan putri adopsinya, Soon-Yi Previn.

“Segala tentang Harvey Weinstein ini sangat menyedihkan untuk semua yang terlibat,” imbuh dia seperti dilansir Independent. 

“Tragedi untuk perempuan yang terlibat, kesedihan untuk Harvey yang hidupnya berantakan. Tidak ada yang menang, ini sangat menyedihkan dan tragis untuk para perempuan yang harus melewati itu semua.”

Allen berharap pengungkapan itu akan berujung pada “sesuatu yang lebih baik.” 

Putra Allen, Ronan Farrow, adalah salah satu jurnalis yang bicara dengan orang yang menuduh Weinstein, mewawancarai 13 perempuan untuk The New Yorker yang mengaku dilecehkan oleh si produser. 

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017