Jakarta (ANTARA News) - Grup Triputra Agro Persada (TAP) termasuk salah satu perusahaan perkebunan nasional yang ikut dalam program peremajaan tanaman kelapa sawit yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, 13 Oktober 2017. 

Melalui anak usahanya PT Brahma Binabhakti (BBB) yang berlokasi di Jambi, Grup TAP menyertakan 334 hektar kebun swadayamilik 106 KK petani. 

“Dengan program peremajaan tanaman sawit ini diharapkan produktifitas tanaman meningkat dari sekitar 3 ton CPO per hektar per tahun saat ini, menjadi di 8 ton CPO per hektar,” kata George Oetomo, Presiden Direktur PT PT Brahma Binabhakti, dalam rilisnya di Jakarta, Senin. 

Grup TAP yang beroperasi di sejumlah provinsi di Sumatera dan Kalimantan mengelola belasan ribu hektar kebun swadaya milik masyarakat yang perlu diremajakan. Di lingkungan PT BBB saja terdapat 4.278 hektar kebun plasma milik 1.504 KK yang siap berpotensi untuk ditanami kembali dalam lima tahun ke depan.

“Dengan inisiatif pemerintah pusat dan dukungan kuat dari pemerintah daerah Jambi program Replanting ini akan meningkatkan pendapatan pekebun swadaya secara signifikan,” lanjut George Oetomo. PT BBB sebagai mitra pekebun swadaya menjadi salah satu pionir untuk mensukseskan program ini sesuai dengan visi misi perusahaan yg ingin meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Sementara itu CEO Triputra Agro Persada, Arif P Rachmat, menyatakan, “Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan produktivitas dan nilai tambah tanaman sawit milik petani swadaya. Dengan program penanaman kembali menggunakan benih unggul dan bersertifikat, produksi sawit akan mengalami peningkatan yang nyata sehingga petani sawit akan semakin diuntungkan.”

Produktivitas kelapa sawit Indonesia masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan potensi. Saat ini produktivitas rata-rata kelapa sawit indonesia hanya 3,7 ton CPO per hektar per tahun dimana potensi dapat mencapai 8 ton CPO per hektar per tahun. 

Faktor utama rendahnya produktivitas kelapa sawit indonesia adalah kondisi pertanaman kelapa sawit khususnya rakyat yang sudah tua dan rusak serta penggunaan benih yang sebagian petani belum menggunakan benih unggul bersertifikat. Oleh karena itu perlu dilakukan peremajaan tanaman kelapa sawit seluas kurang lebih 2,4 juta ha.

Industri kelapa sawit merupakan industri stategis nasional yang menjadi penopang devisa negara (sebesar US$ 16,94 miliar atau setara 227 triliun). Pengusahaan kelapa sawit saat ini menyerap lebih dari 8,2 juta orang yang terdiri dari (tenaga kerja sawit rakyat, karyawan perusahaan perkebunan, tenaga kerja supplier), penyedia bahan pangan, penyedia bahan baku energi nabati dan pendorong pengembangan wilayah. 

Luas perkebunan kelapa sawit saat ini seluas 11,91 juta hektar dengan produksi sebesar 33,22 juta ton dengan luas perkebunan kelapa sawit rakyat seluas 4,65 juta ha dengan produksi sebesar 10,86 juta ton.

Harga Sawit

Sementara harga tandan buah segar kelapa sawit yang diterima oleh pabrik kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, kembali mengalami kenaikan dibandingkan dengan sebelumnya, diduga karena pengaruh kenaikan harga minyak mentah kelapa sawit atau CPO.

"Harga tandan buah segar kelapa sawit naik Rp20 per kg di pabrik PT Bumi Mentari Karya (BMK) dari sebesar Rp1.530 per kg menjadi Rp1.550 per kg," kata Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mukomuko, Sudianto di Mukomuko, Senin.

Ia menyatakan, sampai sekarang pabrik PT BMK di Kecamatan Sungai Rumbai membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani setempat dengan harga lebih tinggi dibandingkan dengan harga sawit di sembilan pabrik lainnya.

Selain itu, katanya, pabrik PT BMK membeli sawit petani setempat dengan harga lebih tinggi dibandingkan dengan harga penetapan tim perumus harga komoditas perkebunan pemerintah provinsi setempat.

Selain itu, harga sawit di sembilan pabrik CPO di daerah itu bertahan tinggi, yakni di PT KSM sebesar Rp1.530 per kilogram (kg), PT MMIL sebesar Rp1.530, PT KAS sebesar Rp1.530 per kg.

Kemudian, harga sawit di pabrik PT DDP Kecamatan Ipuh dan PT DDP Desa Lubuk Bento sebesar Rp1.500, PT AMK sebesar Rp1.530, PT SAP sebesar Rp1.530 per kg

Pabrik CPO PT SSJA membeli sawit petani dengan harga paling murah dibandingkan pabrik CPO lain sebesar Rp1.430 per kg.

Ia menyatakan, seluruh pabrik di daerah itu membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani setempat lebih tinggi dari harga penetapan tim perumus harga komoditas perkebunan.

Ia menerangkan, kenaikan harga sawit membuat petani semakin bergairah merawat tanamannya agar produksi buah sawitnya meningkat.

Pewarta: Ferri Arianto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017