Macan putih jadi maskot pilkada Kota Kediri

Macan putih jadi maskot pilkada Kota Kediri

Seekor anak Harimau Putih (Panthera tigris tigris) di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Jabar, Rabu (18/9). (ANTARA FOTO/Jefri Aries)

Kediri (ANTARA News) - Gambar macan putih menjadi maskot yang dipilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri, Jawa Timur, untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di kota ini yang akan berlangsung pada 2018.

"Dalam memilih maskot, ada pertimbangan untuk mengutamakan kearifan lokal. Kami sebelumnya juga telah mengadakan lomba untuk memilih maskot di pilkada ini," kata Komisioner KPU Kota Kediri Moch Wahyudi di Kediri, Selasa.

Ia mengatakan, dalam lomba tersebut juga melibatkan dewan juri dari berbagai unsur, baik dari dewan kesenian, budayawan, serta KPU Provinsi Jatim. Mereka mengkaji seluruh berkas yang masuk dan menelitinya untuk memutuskan maskot yang terbaik.

Saat lomba, ada sebanyak 24 maskot yang diajukan ke panitia. Maskot tersebut juga dari berbagai macam bentuk. Dewan juri juga melakukan seleksi yang cukup ketat, sebab gambar maskot yang diajukan juga banyak yang menarik.

"Tim memeriksa semua dokumen yang masuk. Semua diteliti, lalu dilakukan penjurian, disepakati, serta diplenokan. Jadi, atributnya itu akan digunakan di pilkada ini," ujarnya.

Untuk saat ini, kata dia, KPU Kota Kediri memang belum mengenalkan secara langsung maskot untuk pilkada berupa macan putih tersebut. Rencananya, maskot itu akan dikenalkan pada agenda khusus yang akan digelar akhir November 2017.

Selain maskot, ia juga mengatakan untuk jinggle atau lagu juga sudah dipilih. Nantinya, lagu itu akan dikenalkan bersamaan dengan peresmian maskot Pilkada Kota Kediri tersebut. Namun, untuk teknis peresmian masih akan dibahas.

Untuk saat ini, KPU Kota Kediri juga menyiapkan pendaftaran panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS). Pengumuman pendaftaran akan dilakukan awal November 2017 di kantor KPU Kota Kediri.

PPK akan bertugas di setiap kecamatan. Ada lima orang yang bertugas menjadi PPK, sementara yang menjadi panitia pemungutan suara (PPS) akan bertugas di setiap kelurahan. Ada tiga orang yang bertugas sebagai PPS.

Walaupun pendaftaran untuk PPK dan PPS belum resmi dibuka, hampir setiap hari ada warga yang mendatangi kantor KPU Kota Kediri untuk mencari informasi persiapan pilkada. Mereka juga mencari informasi persyaratan mendaftar menjadi PPK ataupun PPS.

Pewarta: Destyan Hendri Sujarwoko/ Asmaul Chusna
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berangkat mendaftar, Gibran dapat pesan dari Jokowi

Komentar