Jakarta (ANTARA News) - Berikut disampaikan tujuh kutipan terpilih pada Senin (16/10) yang merentang dari pernyataan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengenai "gubernur untuk semua", sampai penegasan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengenai tertembaknya dua pimpinan kelompok bersenjata yang berafiliasi dengan ISIS di Marawi.

Bagaimana Presiden Joko Widodo melihat paradigma pembangunan infrastruktur yang semula cenderung Jawa Sentris menjadi Indonesia Sentris, dengan mencontohkan di Kalimantan ada 24 proyek, di Sulawesi ada 27, kemudian di Maluku dan Papua ada sekitar 13 proyek bendungan, pelabuhan, bandara, pembangkit listrik, dan berbagai proyek lain?

"Ya kalau melihat, kalau melihat sisi kayak infrastruktur, itu ya sudah mendekati ke-60 (persen) nanti akan kelihatan ya akhir tahun ini berapa jalan yang sudah selesai atau paling kelihatan sekali ya tahun depan akan kelihatan sekali," katanya dalam wawancara khusus dengan LKBN Antara menyambut tiga tahun Pemerintahan Jokowi-JK di Istana Merdeka, Jakarta.

"Kelihatan sekali akan tahun depan artinya pemerataan pembangunan akan mulai kelihatan, mungkin tahun depan ya 80 persen," katanya.

Bagaimana pidato politik Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan seputar "saatnya kita menjadi tuan rumah di negeri sendiri"?

"Jangan sampai Jakarta seperti dituliskan dalam pepatah Madura, itik yang bertelor, ayam yang mengerami, kita yang bekerja keras merebut kemerdekaan kita," kata Anies dalam pidato politiknya di Balaikota Jakarta.

"Semua melalui program kegiatan, kita akan memastikan Gubernur Jakarta adalah gubernur untuk semua. Gubernur untuk mereka yang memilih maupun untuk mereka yang tidak memilih," kata Anies kepada media setelah pelantikan.

"Kita ingin Jakarta yang berkeadilan, kita ingin Jakarta milik semua. Jakarta bukan milik sekelompok orang, bukan milik mereka yang punya uang saja, tapi juga milik mereka yang ingin ke sini untuk mendapatkan kesejahteraan," ujarnya.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto mengungkapkan dua pimpinan kelompok bersenjata yang berafiliasi dengan ISIS di Marawi telah ditembak mati oleh militer Filipina, yakni Isnilon Hapilon dan Omarkhayam Maute.

"Laporan mengenai tertembaknya tokoh-tokoh ISIS di Marawi, Omarkhayam Maute dan Isnilon Hapilon. Itu memang betul-betul mereka sudah terbunuh, karena gambarnya sudah ada, resmi dari pemerintah Australia," kata Wiranto saat memberikan keterangan pers usai Rapat Pimpinan Tingkat Menteri di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat.

"Kita tinggal menanyakan kira-kira tuntasnya kapan karena Presiden (Filipina Rodrigo) Duterte juga telah mengatakan bahwa bulan ini mereka selesaikan masalah Marawi," katanya.

"Biasanya pasukan gerilya, pasukan fanatik seperti itu, ketika tokohnya terbunuh, perjuangan mereka surut karena fanatik terhadap karisma tokoh. Mudah-mudahan seperti itu sehingga bisa diselesaikan," kata Menko Polhukam.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menegaskan tekadnya menutup celah korupsi di lingkungan TNI, sehingga tidak menimbulkan kerugian negara.

"Dari hasil pemeriksaan dan pengawasan oleh Itjen TNI ditemukan hasil pengadaan yang terindikasi korupsi, pemborosan, ketidakefektifan, mark-up dan lain-lain yang saat ini sedang dalam proses hukum," ujarnya di Aula Gatot Soebroto, Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

"Sesuai kebijakan pemerintah terkait pemenuhan kebutuhan alutsista TNI, agar mengutamakan pengadaan dari industri pertahanan dalam negeri, bila hal ini tidak memungkinkan boleh menggunakan pabrikan dari luar negeri, namun harus dengan persyaratan administrasi yang lengkap dan dapat dipertanggungjawabkan," tutur mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) itu.

"Saya tidak pernah merekomendasikan rekanan siapa pun juga. Apabila ada rekanan yang mengaku adik, kakak dan saudara saya yang bekerja di Mabes TNI, langsung blacklist saja perusahaan itu," demikian Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Berapa angka pertumbuhan ekonomi pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2017?

"Pertumbuhan ekonomi tahun ini kalau kami melihatnya masih akan bergerak di angka yang mungkin mendekati 5,4 persen. Kami berusaha mencapai itu," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution saat ditemui di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta.

"Kebutuhannya agak tinggi untuk ke arah 5,4 persen. Pemerintah melihat perkembangan ekonomi masih baik, memang yang tidak terlalu menggembirakan dari segi pertumbuhan belanja dan penerimaan pemerintah," katanya.

"Sementara investasi dan ekspor itu baik. Walaupun secara bulanan mungkin pertumbuhannya tidak terlalu tinggi lagi, tetapi kalau secara tahunan masih tinggi pertumbuhan ekspornya," katanya juga.

Bagaimana penegasan PSSI berkaitan dengan meninggalnya penjaga gawang Persela Lamongan, Choirul Huda, saat mengawal timnya menghadapi Semen Padang?

"Penanganan Choirul Huda dilakukan sesuai prosedur. Dievakulasi dan dilanjutkan tindakan ke ICU. Semuanya dilakukan dengan baik," kata Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi usai pertemuan dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi di Kantor Kemenpora, Jakarta.

"Liga jalan terus. Namun, kami akan berupaya untuk meminimalisir insiden di lapangan," katanya.

Berapa angka inflasi Indonesia yang terus diupayakan bergerak ke arah yang semakin baik?

"Artinya inflasi mungkin mengarah ke 3,8 persen untuk tahunan. Memang tahun ini tahun yang baik dari segi pangan," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution ketika ditemui di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta.

"Di awal tahun sekitar Maret dan April agak terlalu banyak. Memang tahun ini panen terjadi agak terlalu cepat. Februari akhir sudah mulai panen sehingga banyak sekali gabah yang belum kering atau tidak bisa dikeringkan karena panennya waktu musim hujan," katanya.

"Kelihatannya tahun ini kita tidak akan mengimpor beras. Kecuali beras-beras khusus, seperti beras untuk penderita diabetes, dan lain-lain," ujarnya.

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017