Jakarta (ANTARA News) -  Urun dana untuk Pesawat R80 yang digagas PT Regio Aviasi Industri (RAI) sudah diikuti  7.063 donatur danenembus angka Rp 2.645.055.011 hingga pukul 14.00 WIB Kamis (12/10). 

Kitabisa.com dalam keterangan pers, Selasa, mengatakan pencapaian ini sekaligus menjadi rekor terbaru dalam crowdfunding non sosial di Indonesia. 

Dana yang disumbangkan donatur bermacam-macam, mulai dari Rp20.000 hingga Rp500 juta. 

Secara resmi RAI menjalin hubungan kerjasama dengan Kitabisa.com,m agar publik bisa ikut menjadi bagian dan mendukung pengembangan program pesawat R80.  Keterlibatan publik dalam crowdfunding selain untuk membantu kegiatan preliminary design Pesawat R80, juga merupakan bentuk kampanye agar masyarakat luas mengetahui upaya pembangunan industri dirgantara nasional, produk anak bangsa ini.



Diharapkan setiap dukungan dari masyarakat Indonesia akan menaikkan kemungkinan R80 untuk mendapat investasi dan dukungan pemerintah. 

Berdasarkan baseline master plan R80, prototype R80 akan diuji-terbangkan pada tahun 2022. Setelah melewati proses sertifikasi, R80 akan diproduksi secara massal pada 2025. 

Para pesohor juga diajak untuk menganpanyekan urun dana ini, diantaranya Andien Aisyah, Ippho Santosa, Nadine Chandrawinata, Melanie Subono, Andovi Da Lopez, Fathia Izzati dan Kemal Pahlevi. 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017