Palembang (ANTARA News) - Maskapai Lion Air bekerja sama dengan Asita Sumatera Selatan membuka jalur penerbangan Palembang-Jeddah untuk melayani para jamaah calon umrah di daerah tersebut.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Biro Perjalanan Wisata (Asita) Sumsel Anton Wahyudi di Palembang, Kamis mengatakan, jamaah calon umrah daerah ini nantinya tidak lagi transit Jakarta atau daerah lain tapi langsung ke Tanah Suci.

"Jamaah itu nantinya bisa langsung menuju Jeddah karena kami melakukan kerja sama dengan maskapai Lion Air dan biro perjalanan," ujar dia.

Menurut dia, dengan penerbangan langsung Jeddah maka diharapkan calon jamaah umrah bisa lebih cepat sampai tujuan.

Dalam penerbangan langsung itu pihaknya telah menyampaikan hal itu ke Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan setuju dengan program tersebut.

Mengenai penerbangan perdana akan diikuti sekitar 70 orang dan direncanakan ilepas Gubernur Sumsel pada 13 November mendatang, kata dia.

Untuk tahap pertama pemberangkatan dilaksanakan seminggu sekali selanjutnya melihat perkembangan masyarakat daerah ini yang akan menunaikan ibadah umrah.

Penerbangan langsung Jeddah itu juga untuk membantu mengkoodinasikan para jamaah calon umrah karena mereka dapat dipantau langsung, selain menghindari adanya calo atau penipuan yang membuat para jamaah terlantar.

Penerbangan langsung Palembang-Jeddah itu diharapkan berjalan lancar sekaligus jamaah umrah dapat beribadah secara khusuk, tambah dia.

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017