Seluruh jajaran pengurus PSI siap menghadapi verifikasi faktual."
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Solidaritas Indonesia (DPP PSI) Isyana Bagoes Oka mengatakan partainya dalam posisi siaga satu untuk menjalani rangkaian proses verifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menjadi peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

"Kami siaga satu untuk menghadapi semua tahapan verifikasi KPU," kata Isyana di Jakarta, Kamis.

Isyana mengatakan pada Minggu (15/10), atau sehari sebelum tenggat waktu penutupan pendaftaran KPU Senin (16/10), berkas dokumen PSI sudah diterima dan dinyatakan lengkap oleh KPU yang dibuktikan dengan tanda terima yang diberikan oleh KPU.

Menurut dia, PSI optimistis bisa lolos tahapan verifikasi administrasi yang saat ini tengah berlangsung, maupun verifikasi faktual yang dijadwalkan mulai pertengahan Desember 2017.

"Seluruh jajaran pengurus PSI siap menghadapi verifikasi faktual. Kami siaga satu untuk mencapai cita-cita kami membawa sebanyak-banyaknya orang baik yang anti-korupsi dan anti-intoleransi ke legislatif, yang tentu saja hanya bisa terwujud jika PSI lolos verifikasi KPU dan menjadi peserta Pemilu 2019," ujarnya menambahkan.

KPU telah menutup masa pendaftaran partai politik pada Senin (16/10) malam pukul 24.00 WIB. Tercatat sebanyak 27 partai telah mendaftar ke KPU RI selama dua pekan masa pendaftaran dibuka.

Saat ini KPU tengah melakukan verifikasi administrasi terhadap seluruh dokumen partai calon peserta pemilu. Selanjutnya KPU akan melakukan verifikasi faktual terhadap partai-partai baru yang belum pernah menjalani verifikasi faktual.

KPU menjadwalkan pengumuman partai politik peserta Pemilu 2019 pada Februari 2018.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017