Jakarta (ANTARA News) - Musisi asal Inggris, Ed Sheeran mengalami cedera tangan akibat kecelakaan sepeda yang berujung pembatalan di sejumlah tur di Asia, dan pemanfaatan internet oleh pelaku terorisme menjadi dua dari tujuh kutipan yang disiarkan Antara News pada Rabu (18/10).

Bagaimana kelanjutan kepastian dari konser Ed Sheeran di Asia pasca kecelakaan sepeda yang dialaminya?

Dalam akun Instagram, dia menulis "Setelah berobat, ternyata ada retak di pergelangan tangan kanan dan siku kiri, tidak memungkinkan saya manggung dalam waktu dekat. Sayangnya, ini berarti tur di tempat-tempat ini tidak bisa digelar: Taipei, Osaka, Seoul, Tokyo dan Hong Kong. Saya masih menunggu proses penyembuhan sebelum kita memutuskan bagaimana nasib pertunjukan setelah itu. Nantikan terus kabar berikutnya."

Dilansir Billboard, Ed Sheeran dipastikan tidak manggung setidaknya hingga pekan kedua November 2017. Bila pada saat itu tangannya sudah sembuh, pertunjukan di Manila, Jakarta, Singapura, Kuala Lumpur, Bangkok, Mumbai dan Dubai tetap berlangsung.

Dunia maya atau internet nyatanya jadi kendaraan utama pelaku terorisme untuk menyiapkan dan merekrut pengikut, kata Deputi 1 bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT Mayjen TNI Abdul Rahman Kadir.

"Dulu terorisme melakukan rekrutmen melalui hubungan kekeluargaan, pertemanan, ketokohan, dan lembaga keagamaan. Mereka harus tatap muka untuk melakukan indoktrinasi, rekrutmen, pembaiatan. Sekarang beda, terorisme sudah menggunakan website, medsos, social messenger," katanya dalam siaran pers BNPT.

"Intinya, kelompok teroris menggunakan internet untuk melakukan perang psikologis, propaganda, pengumpulan dana dan data, serta berdiskusi antarmereka," kata mantan Danrem 074/Warastratama Solo ini.

"Seluruh bangsa tidak ada lagi yang imun terhadap pengaruh paham radikal terorisme. Dulu terorisme hanya ada di belahan dunia tertentu, sekarang sudah menyebar ke seluruh dunia," katanya.

Pemerintah tengah mengupayakan dana desa yang diberikan kepada aparat desa dapat menciptakan lapangan kerja.

"Untuk pembangunan sarana dan prasarana di desa diharapkan akan dilakukan fokus untuk hal-hal yang menciptakan kesempatan kerja di desa. Jadi seluruh pekerjaan tidak boleh dilakukan oleh pihak ketiga, namun diswakelolakan atau dijalankan sendiri dengan penyerapan tenaga kerja yang maksimal," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani ditemui usai menghadiri rapat terbatas mengenai optimalisasi dana desa di Istana Bogor.

Guru Besar Universitas Islam Negeri Syarifhidayatullah, Azyumardi Azra, menilai Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang nomor 2 tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan diperlukan untuk menjaga eksistensi bangsa Indonesia.

"Pengertian kegentingan memaksa sebenarnya tidak ada namun saya tegaskan ini soal eksistensial yaitu ada ormas yang tidak terima Pancasila padahal itu ideologi bangsa Indonesia," kata Azyumardi dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Komisi II DPR, di Jakarta.

"Namun harus dilihat lebih luas yaitu masa depan negara bangsa berdasarkan Pancasila," ujarnya.

"Saya ingin menyimpulkan Perppu ini memang diperlukan, ini persoalan eksistensial bangsa Indonesia. Kalau ada kekhawatiran ormas lain jadi target, kita harus pantau pemerintah," katanya.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menegaskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat tidak pernah melarang transportasi berbasis aplikasi online (daring) untuk beroperasi.

"Kalau ditanyakan soal transportasi online ialah selama masa transisi ini jawabannya adalah tidak ada larangan, tidak ada aturan," katanya di Gedung Sate Bandung.

"Negara tetangga kita Malaysia kemudian di Belgia juga ada aturan tentang transportasi online ini ternyata," kata dia.

"Bagaimana pun saya setuju bahwa kemudian online sebagai teknologi ya jelas bagaimanapun teknologi harus masuk tidak mungkin ditahan dan jangan ditahan. Yang terpentingnya yang paling utama keselamatan masyarakat harus diperhatikan dan dijamin," katanya.

"Karena tuntutan pelaku transportasi konvensional untuk ada kesetaraan. Sekarang sedang dipersiapkan pemerintah. Kementerian Perhubungan sedang menyerap aspirasi, Insya Allah akan cepat keluar peraturannya," katanya pula.

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan Pemerintah bersama dengan lembaga penyelenggara pemilu telah memetakan kerawanan pemilu, khususnya di wilayah Papua dan Papua Barat.

"Saat ini, kami memang fokus pada Papua. Kami sempurnakan sistem noken itu bagaimana. Juga dengan pengalaman kemarin, suhu politik di Papua itu selalu memanas tatkala menjelang pilkada dan pemilu," katanya setelah memberikan pembekalan dalam Pemantapan Program Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Nasional Aparat Pemerintah dan Aparat Teritorial Daerah di Jakarta.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat aktivitas Gunung Agung di Bali saat ini relatif tinggi, karena rata-rata jumlah kegempaan vulkanik dan tektonik lokal di atas 600 kali per hari.

"Saat ini tercatat aktivitas kegempaan Gunung Agung dari pukul 00.00 Wita hingga 12.00 Wita tercatat sebanyak 486 kali," kata Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Agung Wilayah Timur PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM, Devy Kamil, saat ditemui di Pos Pantau Gunung Agung di Desa Rendang, Karangasem, Provinsi Bali.

"Kondisi Gunung Agung saat ini belum stabil. Kalau beberapa waktu lalu terdeteksi terjadi deformasi sekitar 1,5 centimeter dari data yang didapat GPS yang dipasang sekitar gunung ini, dan perubahannya masih sama seperti sebelumnya," katanya.

"Pelepasan asap dan gas vulkanik ini bisa mengurangi tekanan di dalam perut Gunung Agung. Jadi, manifestasi adanya asap ini sebagai pelepasan energi atau tekanan di dalam tubuh Gunung Agung," katanya pula.

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017