Jakarta (ANTARA News) - Komposisi baru yang diramu Boston Celtics untuk menghadapi musim ini sekaligus menantang dominasi Cleveland Cavaliers di wilayah Timur agaknya masih belum membuahkan hasil yang diharapkan, setelah Kyrie Irving dkk kembali menelan kekalahan.

Celtics yang melakoni laga kandang pertama mereka musim ini harus menyerah 100-108 kepada Milwaukee Bucks yang datang dipimpin Giannis Antetokounmpo, salah satu kandidat terkuat Pemain Terbaik alias MVP NBA musim ini.

Sementara itu di laga lain, pemain debutan Denis Smith Jr yang dipilih Dallas Mavericks sebagai pilihan kesembilan NBA Draft 2017 melanjutkan penampilan menawan di musim debutnya.

Setelah mendapat sorotan di pramusim Summer League, Smith Jr membukukan double-double dalam debutnya di musim reguler untuk Mavericks lewat 16 poin dan 10 assist, walaupun timnya dikalahkan Atlanta Hawks 111-117.

Berikut ringkasan hasil pertandingan NBA yang berlangsung hari ini, Kamis WIB (tuan rumah disebut pertama):

Detroit Pistons 102 - Charlotte Hornets 90
Pistons menjalani debut manis di kandang barunya, Little Caesars Arena, Michigan, dengan membekuk Hornets 102-90, berkat double-double Tobias Harris yang mencetak 27 poin dan mengamankan 10 rebound.

Dua penggawa baru Pistons, Langston Galloway dan Avery Bradley, segera memberikan kontribusi positif, masing-masing mencetak 18 poin dan 15 poin.

Di kubu tim tamu, Kemba Walker membukukan 24 poin, enam rebound dan empat assist serta Dwight Howard meraih double-double lewat 10 poin dan 15 rebound.

Indiana Pacers 140 - Brooklyn Nets 131
Sedikitnya tiga penggawa Pacers membukukan double-double di laga tersebut, yakni Myles Turner, Darren Collison dan Thaddeus Young, masing-masing lewat 21 poin dan 14 rebound, 21 poin dan 11 assist serta 17 poin dan 11 rebound.

Sementara Victor Oladipo yang menjadi "korban" pertukaran Paul George ke Oklahoma City Thunder, membukukan 22 poin, lima rebound dan empat assist, catatan yang kontributif meski hanya melantai 24 menit.

Bagi tim tamu, selain penampilan gemilang D'Angelo Russell dengan 30 poin dan lima assist, kekalahan tersebut juga menyisakan kekhawatiran karena Jeremy Lin harus meninggalkan lapangan dengan cedera lutut.

Orlando Magic 116 - Miami Heat 109
Hassan Whiteside terus memperlihatkan peran pentingnya bagi Heat, dengan membukukan double-double dominan lewat 26 poin dan 22 assist, namun tak cukup membendung penampilan kolektif tuan rumah.

Tuan rumah menang berkat sokongan 23 poin milik Evan Fournier serta double-double Nikola Vucevic lewat 19 poin dan 13 rebound.

Washington Wizards 120 - Philadelphia 76ers 115
Legiun Australia, Ben Simmons, yang dipilih Sixers lewat NBA Draft 2016 lalu akhirnya melakoni debutnya di musim reguler setelah menjalani semusim di ruang pemulihan cedera, ia mengemas double-double 18 poin, 10 rebound dan lima assist. Si tukang sesumbar Joel Embiid juga meraih double-double lewat 18 poin dan 13 rebound.

Double-double Simmons dan Embiid ditambahan raihan 29 poin dan tujuh rebound Robert Covington rupanya tetap tak cukup menyelamatkan Sixers dari kekalahan.

Bradley Beal dan John Wall yang disebut-sebut sebagai duet guard terkuat di NBA masih terlalu perkasa bagi Sixers, keduanya masing-masing membukukan 25 poin, enam rebound dan empat assist serta 28 poin, lima rebound dan delapan assist, demi mengantarkan Wizards memenangi laga tersebut.

Boston Celtics 100 - Milwaukee Bucks 108
Antetokounmpo tampil perkasa dengan mengemas 37 poin, 13 rebound, tiga assist dan tiga steal saat mengantarkan Bucks membekuk Celtics 108-100.

Celtics yang menyisakan harapan kepada Irving selepas cedera membekap Gordon Hayward --dan mungkin hingga sepanjang musim-- kesulitan menemukan ramuan terbaik untuk menemukan kemenangan perdana musim ini.

Memphis Grizzlies 103 - New Orleans Pelicans 91
Duet Anthony Davis dan DeMarcus Cousins memang perlahan menjelma menjadi tulang punggung Pelicans. Keduanya mengemas double-double di laga tersebut, masing-masing lewat 33 poin dan 18 rebound serta 28 poin dan 10 rebound.

Namun, Grizzlies dipimpin Mike Conley dengan 27 poin dan lima assist memiliki kolektivitas bermain yang lebih lengkap termasuk double-double Marc Gasol lewat 14 poin dan 11 rebound serta kontribusi positif dari debutan Dillon Brooks yang mengemas 19 poin, lima rebound, dua assist dan empat steal.

Dallas Mavericks 111 - Atlanta Hawks 117 
Smith Jr memang melanjutkan performa positif dengan mengemas double-double lewat 16 poin dan 10 assist. Mavericks juga mendapat sokongan double-double Nerlens Noel lewat 16 poin dan 11 rebound, namun Hawks yang dipimpin Dennis Schroeder tetap keluar sebagai pemenang laga.

Legiun Jerman itu mengemas 28 poin dan tujuh assist untuk kemenangan timnya, diikuti 20 poin dari Marco Bellinelli serta double-double minimalis Taurean Prince yang mencetak 10 poin dan 10 rebound.

Utah Jazz 106 - Denver Nuggets 96
Bintang baru Nuggets, Paul Millsap, berkontribusi dengan mencetak 19 poin dan mengamankan enam rebound menyokong Will Barton yang membukukan 23 poin dan enam rebound saat Nuggets dikalahkan Jazz.

Ricky Rubio menandai debutnya di Jazz dengan catatan sembilan poin, lima rebound dan 10 assist, sedangkan Rudy Gobert mencapai double-double lewat 18 poin dan 10 rebound.

San Antonio Spurs 107 - Minnesota Timberwolves 99
Permulaan peran Jimmy Butler sebagai pembimbing kawanan serigala muda mendapat hadangan berat dari Spurs. Timberwolves menyerah 99-107, meskipun Karl-Anthony Towns mengemas double-double 18 poin dan 13 rebound serta Andrew Wiggins mencetak 26 poin dan lima rebound.

Absennya Kawhi Leonard memberi kesempatan LaMarcus Aldridge menegaskan peran pentingnya di Spurs dengan membukukan double-double 25 poin dan 10 rebound dalam kemenangan yang juga didukung 17 poin dari Danny Green, 16 poin milik Dejounte Murray serta 14 poin yang dicetak pemain anyar Rudy Gay.

Phoenix Suns 76 - Portland Trail Blazers 124
Suns menjadi sorotan karena memecahkan rekor baru di awal musim, kekalahan dengan selisih terjauh 48 poin saat mereka menjamu Blazers. Barisan pemain muda tuan rumah masih kurang tangguh menghadapi tim tamu yang dipimpin Damian Lillard.

Lillard membukukan 27 poin, lima rebound dan lima assist di laga tersebut, diikuti 24 poin dari Pat Connaughton dan double-double minimalis Jusuf Nurkic 11 poin dan 11 rebound.

Sacramento Kings 100 - Houston Rockets 105
Rockets melanjutkan awal musim yang baik dengan meraih kemenangan kedua saat menjamu Kings. Clint Capela membukukan double-double lewat 22 poin dan 17 rebound, James Harden 27 poin dan sembilan assist serta Eric Gordon 25 poin untuk kemenangan Rockets.

Debutan De'Aaron Fox tampil cukup memukau dengan beberapa dunk serta catatan 14 poin, empat rebound dan lima assist di laga tersebut untuk Kings. Kings juga disokong double-double Willie Cauley-Stein 21 poin dan 10 rebound serta Skal Labissiere 12 poin dan 10 rebound.

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017