Jakarta (ANTARA News) - Peserta offroad Indonesia Offroad Expedition (IOX) 2017 Celebes mendapatkan tantangan ekstrem di perbatasan Sulawes Tenggara dan Sulawesi Selatan sehingga beberapa peserta tidak bisa melanjutkan kejuaraan bergengsi ini.

Berdasarkan data dari media officer IOX yang diterima media di Jakarta, Kamis, tantangan ekstrem ini berada di dataran tinggi Koroni, Sulawesi Tenggara. Kendaraan peserta masuk jurang sedalam 20 meter. Hal tersebut terjadi karena medan yang dilalui cukup berat.

 "Ada satu peserta yang mengalami cedera. Tapi langsung mendapatkan perawatan. Untuk kendaraannya baru bisa dievaluasi satu hari berikutnya," kata media officer IOX, Don Seco.

IOX 2017 Celebes mengambil start dari Routa, Sulawesi Tenggara, saat dilepas Walikota Kendari, Asrun, jumlah peserta pada kegiatan ini adalah 69 kendaraan offroad, 12 service car, lima kendaraan media, 10 kendaraan overland (wisata offroad) serta 48 motor offroad.

Selama perjalanan mulai start, selain satu kendaraan yang tertahan karena masuk jurang, juga ada satu kendaraan roda dua yang juga terhenti langkahnya karena mengalami kecelakaan. Hal tersebut terjadi karena medan yang dilalui cukup sulit. Peserta ini bahkan langsung diterbangkan ke Malang untuk menjalani perawatan.

Meski demikian, kata Don Seco banyak pula peserta yang sukses menjalani rintangan yang ada. Perjuangan peserta ini masih akan bertambah karena akan dihadapkan kembali dengan tantangan yang ada di provinsi Sulawesi Selatan yang tidak kalah sulitnya dibandingkan rintangan di Sulawesi Tenggara.

Usai keluar dari perbatasan Sulawesi Tenggara, seluruh peserta melakukan konsolidasi di Soroako dan melanjutkan perjalanan wisata ke Toraja Utara dan Tana Toraja. Waktu istirahat di Soroako dimanfaatkan banyak peserta untuk memperbaiki kendaraannya yang rusak akibat track super ekstrim di Koroni.

Peserta, kata dia, terlihat sangat menikmati keindahan alam Toraja dan berbagai lokasi wisata yang tidak ditemui di tempat lain seperti Lolai yang dijuluki Negeri diatas awan yang sangat indah dan luar biasa karena awan berada dibawah Lolai. Rumah Adat dan Pemakaman khas Toraja di Kete Kesu, Toraja Utara, juga menjadi salah satu obyek wisata yang tidak boleh diabaikan.

Tarian Toraja Utara, Sanda Oni secara spektakular memukau peserta IOX termasuk peserta yang tidak suka tari-tarian. Gemulai tarian dengan gendang yang aktif serta alunan suling yang mendayu menghipnotis peserta untuk ikut menikmati.

"Selama di Toraja Utara dan Tana Toraja kami suguhkan dengan wisata alamnya serta budayanya. Peserta sangat menikmati selama disini," kata Don Seco menambahkan.

IOX 2017 Celebes merupakan petualangan ekstrem ala Camel di Indonesia. Jarak tempuh yang harus dilalui peserta dari Kendari, Sulawesi Tenggara menuju Makassar, Sulawesi Selatan sejauh 1.200 km. Dijadwalkan mereka finis di Makassar pada Sabtu (21/10).

(T.B016/D011)

Pewarta: Bayu K
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017