Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah pemberitaan pada Kamis kemarin masih layak dibaca, antara lain saran dari Jaya Suprana untuk Anies Baswedan, Presiden Joko Widodo menyatakan pembentukan Densus Tipikor masih berupa usulan, unjuk rasa ke Hotel Alexis batal dilakukan, hingga negara-negara populer tujuan wisatawan Indonesia.

Saran untuk Mas Anies

Ternyata pidato perdana Anies Baswedan setelah dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta menimbulkan kegaduhan. Akibat tidak mendengar pidato tersebut dengan telinga kepala saya sendiri maka saya mencoba mendengarkannya dari video CNN Indonesia yang diunggah di Youtube.

Setelah mendengar unggahan Youtube tersebut, terus terang saya gagal paham mengenai apa sebenarnya yang perlu digaduhkan dari kata "pribumi" yang cuma sekali muncul di dalam orasi perdana Gubernur Anies.

Jokowi: pembentukan Densus Tipikor masih usulan

Presiden Joko Widodo mengungkapkan pembentukan Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor) di Polri hingga saat ini masih merupakan usulan yang memerlukan pembahasan lebih lanjut.

"Rencana itu masih usulan, pekan depan kami bahas dalam rapat terbatas," kata Presiden Jokowi di Hotel Borobudur Jakarta, Kamis.

Presiden meminta wartawan meminta penjelasan lebih lanjut mengenai rencana itu kepada Menko Polhukam Wiranto. "Lebih lengkap ke Pak Menko Polhukam," kata Jokowi.

Presiden Jokowi bersarung "blusukan" ke Mal Mataram

Presiden Joko Widodo dengan mengenakan sarung "blusukan" ke Lombok Epicentrum Mall di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Kamis malam.

Presiden tiba sekitar pukul 19.55 WITA untuk menyapa warga Mataram. Ia mengenakan kemeja putih dengan jas hitam, kopiah hitam dan juga sarung warna hijau kecokelatan.

Ia tampak menyapa para pengunjung mal dan menyempatkan diri untuk bersalaman dan melakukan swafoto dengan mereka. Presiden juga sempat melakukan wawancara dengan salah satu stasiun televisi nasional di pusat perbelanjaan tersebut.

Demo ke Hotel Alexis batal, ini alasannya

Unjuk rasa ke Hotel Alexis, Ancol Pademangan Jakarta Utara, yang menurut rencana akan berlangsung pada Kamis, batal dilakukan.

"Ditunda, karena pertimbangan teknis dan keamanan," kata M Sidik Dahlan, koordinator lapangan Presidium Forum Masyarakat Jakarta Utara (Formaju) saat dihubungi, Kamis.

Formaju, dalam surat pemberitahuan ke Polda Metro Jaya tanggal 13 Oktober 2017, menyebut akan berunjuk rasa ke Hotel Alexis dengan mengerahkan seribu orang dari 50 elemen organisasi massa, organisasi kepemudaan, lembaga swadaya masyarakat, dan tokoh masyarakat.

Negara populer tujuan wisatawan Indonesia

Di antaranya banyak negara tujuan wisata, Singapura rupanya negara paling populer atau paling banyak dikunjungi oleh wisatawan Indonesia, menurut maskapai Scoot.

“Pertama Singapura, kemudian Jepang juga termasuk negara penting yang seringkali dikunjungi,” kata Chief Commercial Officer Scoot Vinod Kannan di Jakarta, Kamis.

Selain kedua negara itu, Hongkong dan Australia juga menjadi pilihan selanjutnya bagi masyarakat Indonesia yang ingin berwisata ke luar negeri.

Catalunya akan nyatakan kemerdekaan jika Spanyol hentikan otonomi

Pemimpin Catalunya mengatakan dalam pertemuan dengan partainya bahwa ia akan secara resmi menyatakan kemerdekaan wilayah itu jika Spanyol memulai proses penghentian otonomi daerah pada Kamis, kata seorang sumber pemerintahan Catalunya, Rabu.

Pemerintahan Spanyol di Madrid telah memberikan batas waktu hingga Kamis pekan ini bagi pemerintah Catalunya untuk menarik kembali pernyataan kemerdekaan yang dilakukannya secara simbolis pada pekan lalu.  Jika tidak, pemerintah pusat akan melakukan tindakan langsung terhadap Catalunya.

Hasil dan Klasemen Liga Champions

Manchester United, Juventus, Barcelona, Paris Saint-Germain (PSG) dan Bayern Muenchen merupakan beberapa klub yang memetik kemenangan pada pertandingan ketiga fase grup Liga Champions, Kamis dini hari waktu Indonesia.

Manchester United memimpin klasemen grup A setelah mengalahkan Benfica 1-0 berkat gol Marcus Rashford yang diwarnai blunder kiper Benfica Mile Svilar yang menjadi penjaga gawang termuda dalam sejarah Liga Champions dengan usai 18 tahun 52 hari.

PSG meneruskan catatan sempurna dengan tiga kemenangan, mencetak 12 gol dan belum kebobolan seusai menekuk Anderlecht 4-0 berkat gol Mbappe, Cavani, Neymar dan Di Maria.

Pewarta: Alviansyah P
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017