Kami masih berada di sini, peluang-peluang kami lebih kecil daripada yang mereka miliki beberapa balapan silam. Masing ada peluang. Kami akan mengupayakannya."
Austin (ANTARA News) - Pebalap Ferrari Sebastian Vettel menolak untuk menyerah pada persaingan di Formula 1 pada Kamis, dan mendapat dukungan dari pebalap favorit peraih gelar Lewis Hamilton.

Hamilton unggul sebanyak 59 poin atas pebalap Jerman itu dengan empat balapan tersisa dan sang pebalap Mercedes dapat meraih gelar keempatnya pada Rabu di Grand Prix AS, jika ia finis di dua besar dan hasil-hasil yang didapat pebalap lain menguntungkan dirinya, lapor Reuters.

"Di Inggris, mereka berkata ini belum selesai sampai wanita gemuk bernyanyi," kata Vettel kepada para pewarta di "paddock" Grand Prix AS. "Kami perlu membungkamnya selama beberapa waktu."

Vettel memimpin klasemen pebalap dari balapan pembukaan di Australia pada Maret sampai bulan lalu, namun tiga balapan di Asia rentetan kemenangan Hamilton memangkas peluang-peluangnya.

Sang pebalap Ferrari bertubrukan dengan rekan setimnya Kimi Raikkonen di Singapura dan tersingkir pada lap pembukaan, kemudian mengalami kegagalan mesin saat kualifikasi di Malaysia yang membuat ia harus start dari posisi terakhir di grid.

Saat itu ia mampu berjuang untuk finis di peringkat keempat, namun di Jepang ia harus menepi karena permasalahan pada busi mobil.

"Kami masih berada di sini, peluang-peluang kami lebih kecil daripada yang mereka miliki beberapa balapan silam. Masing ada peluang. Kami akan mengupayakannya," kata juara dunia empat kali tersebut.

"Kami perlu tetap fokus. Kami memiliki mobil yang hebat, kami memiliki paket untuk memenangi beberapa balapan terakhir. Sebagaimana yang terjadi, kami tidak melakukannya. Namun itu tidak berarti kami tidak memiliki peluang untuk memenangi balapan-balapan selanjutnya."

Hamilton, yang menang di Austin sebanyak empat kali pada lima tahun terakhir, mengatakan pembicaraan perihal memastikan raihan gelar di Texas -- seperti yang dilakukannya dua tahun silam -- merupakan hal yang dibesar-besarkan."

"Menurut saya pembicaraan mengenai memenangi kejuaraan pada akhir pekan ini benar-benar konyol... Anda tidak dapat berharap mereka kembali menjalani akhir pekan yang sulit," ujarnya.

"Mereka akan cepat, mereka memiliki peluang untuk menang. Kejuaraan, sepanjang masih berlangsung dalam empat balapan selanjutnya, itulah fokus saya. Saya sejujurnya tidak terlalu peduli apakah ini merupakan balapan terakhir, selama ini dapat diselesaikan."

Hamilton juga memperkirakan Ferrari melakukan sejumlah peningkatan di Austin.

"Mereka jelas memiliki beberapa kendala namun saya mengantisipasi mereka akan sangat kuat pada akhir pekan ini dan untuk empat balapan terakhir -- itulah mengapa tidak ada yang berubah bagi saya," tambahnya.

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017