Balikpapan (ANTARA News) - Perjuangan Persiba Balikpapan untuk keluar dari jerat degradasi Liga 1 Go-Jek Traveloka makin berat setelah partai kandang di Stadion Batakan, tim Beruang Madu terpeleset, kalah 2-3 dari tamunya Barito Putra Banjarmasin, Jumat malam.

Semangat untuk menang dan menambah poin membuat Marlon da Silva dan kawan-kawan menyerang sejak menit pertama. Namun justru mereka kebobolan di menit ke-14 dari tendangan bebas tidak langsung Rizky Pora.

Ketinggalan juga tak memudarkan semangat Beruang Madu. Pertahanan Barito Putra, tim yang berawal dari Galatama itu terus digempur, namun tiada gol tercipta hingga akhir babak pertama.

Babak kedua, anak-anak latih Jacksen F Tiago justru sukses menambah gol. Resep gol cepat Jacksen diwujudkan dengan sempurna. Pertandingan baru jalan 2 menit, gol kedua Barito tercipta lewat Matias Cordoba. Gol di menit ke-47 itu segera disusul gol Gavin Adsit di menit ke-52, 0-3 untuk tim tamu Bubuhan Banjar.

Beruang Madu tertekan hebat. Susanto yang masuk menggantikan Sunarto di menit ke-47 diusir wasit Ikhsan Prasetya Jati dari Bantul di menit ke-73.

Pun begitu, perjuangan anak-anak latih Haryadi tak berhenti. Setelah memasukkan Maldini Pali, juga Bijahil Chalwa menggantikan Marlon da Silva, gebrakan Persiba mulai membuat lawan kocar-kacir. Stamina yang menurun juga membuat Barito kehilangan konsentrasi. Buahnya, Srdan Lopicic sukses mencetak gol di menit ke-61.

Pelatih Jacksen F Tiago yang lihai membaca permainan tak mau keunggulan yang sudah digenggam hilang. Ia memasukkan darah segar memperkuat lini tengah, Adsit digantikan Handika, dan menambah striker untuk terus menekan pertahanan Persiba.

Strategi ini berhasil menghambat kebangkitan Persiba yang terus spartan menyerang. Meski akhirnya penyerang Beruang Madu asal Irak Anmar Almubaraki sukses mencetak gol di menit ke-93, tidak ada cukup waktu bagi Persiba untuk menyamakan kedudukan dan menghindar dari kekalahan.

"Ini jadi catatan kita semua dan bahan untuk evaluasi. Kita masih percaya kita akan bangkit dan keluar dari zona degradasi," kata pelatih Haryadi.

Kekalahan ini menahan Persiba dengan poin 23 di posisi ke-17 di klasemen sementara Liga 1 Go-Jek Traveloka, terpaut 5 poin dari Perseru Serui yang berada di ujung zona aman, di posisi ke-16 dengan nilai 28.


Pencetak Gol

Persiba Balikpapan 2 (Srdan Lopicic 61, Anmar Almubaraki 93)

Barito Putera Banjarmasin 3 (Rizky Pora 14, Matias Cordoba 47, Gavin Kwan 52)


Susunan Pemain


Persiba Balikpapan

Kartu Kuning: 22 Iqbal Samad, 38 Alfath Fathier, 73 Ilhamul Irhaz

Kartu Merah: 73 Susanto

33-Dian Agus Prasetyo (GK); 13-Yudi Khoerudin, 46-Junior Lopes, 6-Alfath Faathier, 19-Iqbal Samad; 8-Bryan Cesar (62 Maldini Pali), 55-Srdjan Lopicic, 77-Anmar Almubaraki, 87-Ilhamul Irhaz; 90-Sunarto (57 Susanto); 9-Marlon da Silva  (71 Bijahil Chalwa)

Pelatih: Hariyadi


Barito Putra Banjarmasin

Kartu Kuning: 28 Aaron Evans, 58 Dandi Maulana Abdulhak

20-Aditya Harlan (GK); 5-M Rifqi, 23-Hansamu Yama, 2-Aaron Evans, 22-Nazar Nurzaidin; 55-Dandi Maulana Abdulhak, 26-Rizky Pora (82-T Musafri), 18-Gavin Kwan (69 F Handika), 80-Douglas Packer, 77-Matias Cordoba; 11-Willian Lira

Pelatih: Jacksen F Tiago

Wasit: Ikhsan Prasetya Jati (Bantul)

Stadion Batakan

Penonton 15.000

Cuaca: cerah

Pewarta: Novi Abdi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017