Madrid (ANTARA News) - Real Madrid yang terinspirasi Marco Asensio menghancurkan Eibar dengan skor 3-0 untuk memangkas jarak dengan pemuncak klasemen Liga Spanyol Barcelona menjadi lima poin pada Minggu, ketika Karim Benzema tampil sebagai pemain pengganti.

Sang penyerang memaksakan terjadinya gol bunuh diri dan mencetak gol kedua ketika Real naik ke peringkat ketiga dengan 20 poin, tertinggal satu poin dari tim peringkat kedua Valencia, dan unggul satu poin atas Atletico Madrid, yang menang 1-0 dari Celta Vigo berkat gol Kevin Gameiro.

Barcelona menang 2-0 atas Malaga di Nou Camp pada Sabtu, ketika Valencia menghancurkan tamunya Sevilla dengan skor 4-0.

Asensio, yang mengisi posisi penyerang Prancis Karim Benzema untuk bermitra dengan Cristiano Ronaldo di lini depan, tampil bagus untuk meringankan kerja Real saat menghadapi tim Basque itu, yang berada di peringkat ke-16.

Paulo Oliveira menanduk umpan silang Asensio ke gawangnya sendiri pada menit ke-18, sebelum sang penyerang melepaskan sepakan voli untuk menjadi gol kedua sepuluh menit kemudian dari bola sodoran Isco.

Pemain pengganti Marcelo menambahkan gol ketiga pada menit ke-82 melalui sepakan mendatar ke sudut jauh untuk menyelesaikan pembantaian ini.

Zinedine Zidane melakukan lima perubahan pemain dari tim yang bermain imbang 1-1 dengan Tottenham Hotspur di Liga Champions pada Selasa.

Pelatih Real itu memasukkan Asensio untuk mengisi posisi Benzema meski ia tetap membela pemain asal Prancis itu pada Sabtu setelah munculnya kritikan dari mantan penyerang Spurs dan Barcelona Gary Lineker serta sejumlah sosok penting lain, dan keputusan itu membuahkan hasilnya.

Real semestinya dapat membuka keunggulan pada menit kedua ketika mereka menggempur Eibar, ketika Asensio memberi umpan kepada Isco, yang tembakannya dapat digagalkan Marko Dmitrovic.

Tuan rumah kemudian unggul ketika Oliveira menyundul bola umpan silang Asensio melewati Dmitrovic yang berada di bawah tekanan dari Sergio Ramos setelah tendangan sudut pendek.

Asensio menggandakan keunggulan sepuluh menit kemudian melalui sepakan voli mendatar dari umpan silang isco, gol ketiganya di Liga Spanyol musim ini yang memberi suasana nyaman bagi tuan rumah.

Sepakan keras Casemiro melambung di sudut atas gawang ketika gelombang serangan Real mengagetkan klub Basque itu, yang dengan cepat melakukan serangan balik namun tidak efektif.

Asensio memberi umpan kepada Isco di babak kedua namun upaya pengatur permainan asal Spanyol itu kembali dapat digagalkan, sedangkan pemain Eibar Takashi Inui tidak beruntung karena tidak dihadiahi penalti saat ia dijatuhkan Casemiro.

Real kesulitan untuk memperbesar keunggulan mereka, ketika Ronaldo dan Benzema, yang dimasukkan untuk menggantikan Asensio, keduanya melepaskan tembakan yang melambung di atas mistar gawang dari posisi bagus, sampai Marcelo mengemas gol penutup.

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, sepakan Gameiro membawa Atletico meraih tiga poin di Galicia, tempat Celta, yang menghuni peringkat kesepuluh, tampil impresif namun tidak mampu mematahkan pertahanan kokoh pasukan Diego Simeone.

Gameiro mencetak gol pada menit ke-28 dari jarak dekat, setelah bola tendangan sudut memantul ke arahnya.

Iago Aspas nyaris menyamakan kedudukan ketika tendangan bebasnya mengenai mistar gawang, namun Atletico mampu mengakhiri laju empat pertandingan tanpa kemenangan pada semua kompetisi.

Leganes naik ke peringkat kelima berkat kemenangan 1-0 atas Athletic Bilbao berkat gol individual Claudio Beauvue, sedangkan Villarreal menundukkan Las Palmas dengan skor 4-0 untuk menuju peringkat keenam, mengirim klub kepulauan itu menuju zona degradasi, demikian dilansir Reuters.

(Uu.H-RF)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017