Tokyo (ANTARA News) - Honda menciptakan Walking Assist Device (WAD) sebagai alat mobilitas untuk pejalan kaki.

Honda WAD ini dirancang melalui penelitian dan pengembangan sejak tahun 1999 berdasarkan cara manusia berjalan kaki dan ASIMO, robot humanoid Honda. Alat ini diperkenalkan dalam rangkaian Tokyo Motor Show 2017 di Tokyo pada 25 Oktober hingga 5 November 2017. 

Sejak 2013, melalui kerjasama dengan 50 rumah sakit dan fasiltas lainnya, beberapa unit Walking Assist Device telah digunakan untuk optimisasi fungsi dari perangkat tersebut.

Pada November 2015, Honda Motor Co. Ltd telah menyewakan Honda Walking Assist Device. Honda Walking Assist Device didesain untuk latihan atau terapi dibawah bimbingan dokter atau terapis, dan penyewaannya hanya diperbolehkan untuk tujuan rehabilitasi medis. 

Alat ini berfungsi membimbing dan melatih pengguna untuk dapat berjalan kaki secara efisien berdasarkan model pendulum terbalik (teori berjalan bipedal).
   
Pemakaian Honda Walking Assist Device mulai disewakan sebanyak 450 unit di Jepang dengan harga sewa 45.000 Yen per-bulan.

Honda Walking Assist Device memiliki lebar sekitar 430 mm – 495 mm dan berat 2,7 kg. Alat ini dapat beroperasi selama 60 menit untuk sekali pengisian daya, dan menggunakan baterai lithium-ion bertegangan 22,2V – 1Ah dengan output torsi maksimal 4N.m. Perangkat ini dapat digunakan di dalam dan luar ruangan (kecuali saat hujan) pada permukaan yang rata.

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017