Jakarta (ANTARA News) - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyatakan, tiga klub Go-Jek Traveloka Liga 1 yaitu Bali United, Madura United, dan Persija Jakarta sebenarnya sudah lolos verifikasi lisensi profesional AFC, tetapi masih dengan catatan.

Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, mengatakan, di Jakarta, Kamis, keadaan itu berbeda dengan Arema FC dan Persib Bandung yang berhak menerima lisensi AFC tanpa pengecualian.

"Jadi ketiga tim itu, Bali United, Madura United dan Persija Jakarta sebenarnya berhak mendapatkan lisensi karena sudah melengkapi status kriteria A, kriteria yang kalau tidak dipenuhi otomatis gugur verifikasi. Namun, ketiga klub belum bisa menuntaskan beberapa hal di kriteria B," ujar Joko.

Dia melanjutkan, kegagalan memenuhi kriteria B tidak menghalangi tim bersangkutan untuk mendapatkan lisensi.

Akan tetapi, tim-tim itu tetap diberikan waktu sampai tiga bulan ke depan untuk memenuhi semua persyaratan yang tersisa.

Sementara Joko Driyono menuturkan dirinya tidak mau berspekulasi terkait kemungkinan tampilnya Bali United, Madura United dan Persija Jakarta di kompetisi AFC meski belum memenuhi kriteria B.

Meski dia mengakui ketidaklengkapan bisa saja digantikan dengan denda atau hal lain, Joko menilai terlalu dini menilai semuanya karena keputusan akhir tetap ada di tangan AFC.

"AFC akan memutuskan semuanya dan tidak ada yang bisa melakukan intervensi. Selain itu masih ada beberapa tahap yang harus dilalui untuk mengetahui klub-klub Liga 1 mana yang berhak tampil di Asia yaitu akhir proses verifikasi pada 31 Oktober 2017, lalu kompetisi Go-Jek Traveloka Liga 1 selesai pada 12 November 2017 dan batas waktu ("deadline") pendaftaran klub untuk tampil di tingkat Asia sampai 22 November 2017," tutur dia.

Proses verifikasi untuk lisensi klub AFC sendiri sudah dimulai sejak April 2017. Lisensi tersebut berguna agar sebuah tim bisa tampil di kompetisi tingkat Asia di bawah AFC.

AFC sendiri menetapkan ada lima aspek penilaian yang mesti dipenuhi standarnya oleh klub agar dapat memperoleh lisensi yaitu legalitas, finansial, infrastruktur, sumber daya manusia dan administrasi serta sporting (pembinaan usia dini).

Di tahun 2018, satu tim Liga 1 Indonesia dipastikan bisa tampil di babak playoff Liga Champions Asia dan dua klub boleh berpartisipasi di Piala AFC.

Untuk Liga 1 Indonesia, tim-tim yang berhak berpartisipasi di dua turnamen itu adalah peringkat 1-3 dengan syarat utama harus memiliki lisensi AFC.

Jika, misalnya, tim yang berhak tampil di Asia tidak berlisensi, berdasarkan aturan AFC kesempatan tampil di Asia akan diberikan ke tim di peringkat berikutnya. Akan tetapi, pergeseran hak itu hanya berlaku untuk tim yang posisinya maksimal peringkat kesembilan klasemen. 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017