Jakarta (ANTARA News) - Pasangan ganda putri Greysia Polii/Apriani Rahayu mempertahankan rekor kemenangannya atas duet Jepang Yuki Fukushima/Sayaka Hirota untuk mencapai turnamen bulu tangkis Prancis Terbuka 2017.

Laman Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang dipantau di Jakarta, Jumat dini hari, mencatat kemangan di Stade Pierre de Coubertin, Paris, merupakan hasil positif kedua beruntun Greysia/Apriani atas pasangan Jepang itu setelah sebelumnya meraih kemenangan di Korea Terbuka 2017, 14-21, 21-17, 21-13.

Dalam pertarungan putaran dua Prancis Terbuka 2017 yang dilangsungkan pada Kamis malam itu, kendati pasangan Indonesia sempat memimpin 3-1 di awal gim pertama, mereka harus tertinggal 3-6 selepas duet Jepang membalikan keadaan bahkan mereka terus teringgal hingga interval gim pertama usai dengan 8-11.

Saat tertinggal 8-12 dari Fukushima/Hirota, pasangan Indonesia memperoleh kembali momentumnya dan berhasil menyamakan kedudukan 12-12.

Akan tetapi mereka kembali tertinggal 12-15. Ketika masih tertinggal 13-16, Greysia/Apriani mampu mengejar dan membalikan keadaan menjadi 18-16 dan terus memimpin hingga memenangkan gim pembuka kendati duet Jepang menyamakan kedudukan 18-18 dan 19-19.

Fukushima/Hirota yang saat ini bercokol di peringkat lima dunia tersebut, berusaha merubah permainan dan sempat membuat pertandingan berlangsung ketat di awal gim kedua.

Kendati demikian, Greysia/Apriani mampu kembali memimpin perolehan poin menjadi 7-4. Namun duet Jepang kembali bisa mengejar dan menyamakan kedudukan 7-7.

Ketika kedudukan kembali imbang 8-8, pasangan Indonesia kembali tancap gas dengan mengumpulkan 12 poin tanpa balas dan terus memimpin perolehan angka dari Fukushima/Hirota untuk memenangkan pertandingan ini.

Kemenangan ini membuat pasangan Indonesia berhak melaju ke perempat final turnamen berlevel Super Series tersebut, sekaligus memperbaharui rekor pertemuan mereka atas Fukushima/Hirota menjadi dua kemenangan dalam dua pertemuan kedua pasangan.

Di fase delapan besar, pasangan yang menjadi satu-satunya ganda putri Indonesia di turnamen berhadiah total 325 ribu dolar AS tersebut, akan menghadapi duet Jepang lainnya Shiho Tanaka/Koharu Yonemoto yang sebelumnya mengalahkan Chloe Birch/Jessica Pugh 21-16, 21-17 untuk ke perempat final.

Menghadapi pasangan Jepang unggulan tujuh tersebut, rekor pertemuan Greysia/Apriani masih kalah dibanding peringkat enam dunia tersebut yang dicatatkan dalam turnamen Denmark Terbuka 2017 pekan lalu.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017