Moskow (ANTARA News) - Rusia menggelar uji coba rudal balistik pada Kamis (26/10) dari darat, air dan laut sebagai bagian dari program nuklir strategisnya, kata Kementerian Pertahanan.

Sebuah rudal balistik antarbenua "Topol" ditembakkan dari lapangan uji coba Plesetsk di wilayah barat laut Rusia, dan tiga rudal balistik diluncurkan oleh dua kapal selam rudal nuklir (SSBN), dua dari Laut Okhotsk, di utara Jepang, dan satu lainnya dari Laut Barents, di Samudra Arktik.

Pasukan militer Rusia "melakukan latihan untuk mengatur kekuatan nuklir strategisnya," kata kementerian dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dilaporkan AFP.

Bomber strategis Tu-160, Tu-95MC dan Tu-22M3 juga dikerahkan dari beberapa pangkalan udara Rusia dan meluncurkan rudal jelajah ke target yang ditempatkan di darat di Kamchatka, Rusia timur, di Republik Komi, di utara, dan di lahan militer Rusia di Kazakhstan.

"Semua tujuan latihan telah dicapai dengan sukses," menurut pernyataan tersebut.

Pada awal September, Rusia melakukan latihan militer gabungan dengan Belarusia di sisi timur NATO, menimbulkan kekhawatiran di Polandia dan negara-negara Baltik karena besarnya latihan itu serta keraguan soal maksud Moskow, demikian dikutip dari laporan AFP.(mu) 

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017