Pangkalpinang (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, menargetkan pada 2019 seluruh kabupaten/kota sudah terkoneksi jaringan pita lebar atau broadband, guna menggali berbagai informasi positif di daerah.

"Kita memastikan kabupaten/kota di seluruh Indonesia terkoneksi dengan broadband, agar masyarakat mudah menyebar informasi positif secara daring," kata Rudiantara di Pangkalpinang, Jumat.

Ia menjelaskan saat ini pemerintah membangun kabel serat optik Palapa Ring, guna mempercepat konektivitas broadband. Broadband merupakan jangkauan frekuensi yang luas yang digunakan untuk mengirim dan menerima data.

"Kita akan terus membangun infrastruktur untuk menghubungkan kabupaten dan kota dengan layanan telekomunikasi yang baik, karena sesungguhnya banyak informasi positif dan bermanfaat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya.

Rudiantara mengatakan saat ini banyak generasi muda menjadi enterpreneur di berbagai aplikasi marketplace seperti Tokopedia, menjual kuliner dan kerajinan dengan memanfaatkan terknologi infomasi dan komunikasi.

"Saat ini pelaku UMKM menjual hasil produk makanan dan kerajinan melalui situs sendiri," ujarnya.

Selain itu Menkominfo juga menegaskan pemerintah akan terus berupaya dan mendorong pemanfaatan media sosial untuk hal-hal positif, termasuk menanggulangi dan menindaklajut persebaran konten negatif di dalamnya.

"Kita akan selesaikan seluruh media sosial yang mengganggu, sehingga program ini dapat berjalan dengan baik," ujarnya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2017