Jakarta (ANTARA News) - Ledakan yang terjadi di pabrik kembang api di Kosambi, Tangerang, Kamis (26/10) kemarin, telah menewaskan sedikitnya 47 korban jiwa.

Peristiwa tersebut bukan kali pertama ledakan kembang api dan/atau petasan yang memakan korban sepanjang tahun 2017.

Berikut adalah sejumlah peristiwa ledakan petasan dan kembang api di Indonesia dan mancanegara yang menimbulkan korban sepanjang tahun 2017, sebagaimana dihimpun ANTARA News:

Denpasar, Bengkulu & Balikpapan, Indonesia - 1 Januari

Perayaan malam pergantian tahun kerap diwarnai dengan kembang api, namun nahasnya di Denpasar, Bengkulu dan Balikpapan pesta malam pergantian tahun memakan korban, baik berupa bangunan terbakar hingga luka berat.

Di Balikpapan, malam pergantian tahun berujung dengan terbakarnya rumah dinas Kapolda Kalimantan Timur. 

Di Denpasar, sedikitnya delapan orang harus dilarikan ke Unit Gawat Darurat RSUP Sanglah, karena terluka terkena ledakan kembang api.

Sedangkan di Bengkulu seorang warga Bengkulu Tengah menderita luka berat akibat ledakan kembang api.

Pontianak, Indonesia - 28 Januari

Pesta kembang api menyambut malam Tahun Baru Imlek memicu kebakaran yang menghanguskan sebuah rumah toko di Pontianak. Tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Sukabumi, Indonesia - 14 April 

Sebuah bangunan rumah semipermanen di Kampung Lembuhuma, Sukabumi, yang dijadikan tempat pembuatan petasan hancur akibat ledakan. Disebutkan pihak berwenang tak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut.

Meksiko - 10 Mei

Ledakan di sebuah gudang kembang api di negara bagian Puebla, Meksiko, pada 10 Mei 2017, menewaskan sedikitnya 14 orang, termasuk 11 anak-anak.

Pamekasan, Indonesia - 31 Mei

Ledakan petasan yang terjadi di Dusun Sumber Gunung, Desa Ambender, Kecamatan Pegantenan, Pamekasan, menewaskan dua orang bocah.

India - 7 Juni

Serangkaian ledakan yang terjadi di dalam pabrik kembang api di Desa Khairi, Distrik Balaghat, Negara Bagian Madhya Pradesh, India Tengah, memicu kebakaran yang menewaskan sedikitnya 25 orang. Ditengarai ledakan dipicu oleh puntung rokok yang menyambar bahan-bahan mudah terbakar di dalam pabrik.

Kebumen, Indonesia - 25 Juli

Ledakan besar terjadi di sebuah rumah kosong EWK (31) yang ditengarai menjadi tempat penyimpanan petasan titipan milik sepupunya. Meski tak menimbulkan korban jiwa, ledakan itu menyebabkan tak kurang dari 23 rumah tetangga hingga radius 500 meter dari lokasi kejadian mengalami kerusakan.

Bekasi - 2 September 

Sebuah kembang api suar atau flare yang kerap dinyalakan oleh pendukung sepak bola garis keras, memakan korban jiwa dalam laga persahabatan tim nasional sepak bola Indonesia menghadapi Kepulauan Fiji di Stadion Patriot Candrabaga, Bekasi, pada 2 September 2017. Catur Yuliantono (32) tewas dalam kejadian tersebut.

China - 23 September 

Ledakan yang terjadi di pabrik kembang api di Cinhua, China, menewaskan sedikitnya tujuh orang dan berujung pada putusan penghentian kegiatan produksi dan penutupan pabrik oleh pemerintah daerah setempat.

India - 25 September

Sebuah ledakan yang terjadi di pabrik kembang api ilegal di India Selatan, yang memakan korban jiwa sedikitnya sembilan pekerja. Ditengarai para korban tengah melakukan persiapan kembang api untuk Festival Diwali.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017