Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi pada peringatan Hari Sumpah Pemuda 2017 mengajak pemuda berani bersatu untuk menegakkan jati diri bangsa seperti yang dilakukan pemuda terdahulu atau 89 tahun yang silam.

"Ayo, saatnya pemuda Indonesia berani bersatu. Ini adalah momen yang tepat. Kita tidak sama, kita kerja bersama," kata Menpora Imam Nahrawi di sela peringatan HSP di Halaman Kemenpora, Jakarta, Jumat.

Peringatan HSP di Kemenpora dilakukan satu hari lebih cepat karena puncak peringatan HSP ke-89 akan digelar di Istana Kepresidenan di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/10) dan akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo. Ribuan undangan akan menghadiri peringatan HSP ini.

Khusus di Kemenpora, peringatan HSP dilakukan berbeda. Tidak dengan upacara namun dilakukan video conference dengan antara Menpora Imam Nahrawi dengan pemuda dan masyarakat dibeberapa titik di Indonesia maupun luar negeri. Pemuda Indonesia di Turki yang mendapatkan kesempatan berinteraksi langsung dengan menpora.

Untuk video conference dalam negeri dilakukan dibeberapa titik yang diantaranya dengan Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) yang saat ini menjalani pelatihan di Mojokerto, Jawa Timur. Pemuda mandiri ini didorong untuk melakukan kegiatan olahraga, rekrutmen relawan, pelatihan kapasitas pemuda dan kepemimpinan serta mendorong partisipasi pembangunan berbasis kearifan lokal.

"Jadilah pengerak ekonomi kreatif serta menjadi pemuda mandiri di pedesaan," kata pria kelahiran Bangkalan, Madura itu.

Sementara itu salah satu peserta pelatihan PMMD Hasanuddin mengaku sangat beruntung bisa terlibat secara langsung dalam pelatihan yang diprakarsai oleh Kemenpora itu. Pihaknya berharap kegiatan ini terus berlanjut sehingga program PMMD bisa berjalan sesuai tujuan awal.

"Banyak pembekalan yang telah kami terima selama pembekalan mulai dari wawasan kebangsaan hingga berdiskusi terkait dengan pangan, sandang, manajemen hingga kerajinan. Saya sangat berterima kasih karena bisa langsung berkomunikasi dengan menteri," kata pemuda asal Putukrejo, Gondanglegi, Malang itu.

Video conference sendiri juga dilakukan dengan pemuda tani di Bulukumba, pemuda kota layak pemuda di Padang, pemuda lintas agama di Merauke Papua, hingga pemuda yang melakukan pelatihan Manufaktur di Yogjakarta.

Sedangkan peserta peringatan HSP di Halaman Kemenpora Jakarta adalah perwakilan dari organisasi kepemudaan, perwakilan difabel, atlet dari beberapa disiplin hingga masyarakat umum. Tidak ketinggalan pada peringatan HSP ini Menpora Imam Nahrawi membacakan Sumpah Pemuda yang diikuti semua peserta.

(T.B016/B015)

Pewarta: Bayu K
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017