Bogor, Jabar, (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang memanfaatkan gerai makanan-minuman menggunakan kendaraan modifikasi atau foodtruck.

"Ya memang harusnya seperti ini, makanan lebih keliatan higienis ya kan," ujar Presiden kepada media saat meninjau beberapa gerai foodtruck yang parkir di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor pada Sabtu pagi.

Menurut Presiden, foodtruck merupakan inovasi yang dapat dilakukan pedagang kaki lima dalam menjual makanan.

Kepala Negara menilai inovasi sistem penjualan itu dapat mulai dikembangkan di wilayah DKI Jakarta.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengatakan foodtruck bisa memberikan nilai tambah bagi produk melalui peningkatan kualitas dan layanan.

"Yang paling penting itu, higienis dan dilihat levelnya naik lah. UMKM kita harusnya dibantu begini," ujar Presiden.

Komunitas foodtruck diundang ke acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober oleh Badan Ekonomi Kreatif dan Kantor Staf Kepresidenan untuk menyajikan makanan/minuman bagi para peserta.

Delapan kendaraan yang terdiri antara lain truk dan VW Combi yang dimodifikasi berjejer di pinggiran jalan taman Istana Kepresidenan Bogor yang menghadap ke Kebun Raya Bogor.

Selain itu, dalam merayakan Hari Sumpah Pemuda, pihak Istana juga mengundang atlet berprestasi di cabang badminton, serta komunitas-komunitas yang dibangun oleh pemuda pemudi Indonesia yang berprestasi antara lain menampilkan modifikasi sepeda motor, sepatu dan topi lukis, komunitas papan seluncur atau skateboard serta beberapa UMKM yang memamerkan produk pakaian dan tas.

Dalam acara itu, Presiden juga melakukan diskusi langsung bersama para pemuda yang memiliki kegiatan bermanfaat bagi lingkungan masyarakat di daerah masing-masing di bidang pendidikan dan lingkungan.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017