Beijing (ANTARA News) - Upacara Hari Sumpah Pemuda di Kedutaan Besar Indonesia di Beijing, Sabtu, digelar dalam satu aula karena cuaca yang dingin. Puluhan staf perwakilan Indonesia di sana dan WNI yang bermukim mengikuti upacara yang dilaksanakan secara sederhana namun khidmat itu. 

Upacara Hari Sumpah Pemuda dipimpin Wakil Duta Besar Indonesia untuk China, Listyowati. 

Meskipun sejak Sabtu pagi cuaca di Beijing kurang mendukung karena embusan angin kencang, para pelajar antusias mengikuti upacara yang digelar di kompleks Kedutaan Besar Indonesia di Beijing, di Jalan Raya Dongzhimenwai Nomor 4 Beijing itu.

Bulan-bulan ini, cuaca di Beijing cenderung dingin dan berangin kencang. Saat upacara digelar, temperatur cuaca di luar ruangan sekitar 14 derajad Celcius.  Angin kencang telah menyebabkan pot-pot bunga di pertigaan Jalan Raya Dongzhimen roboh.

Bahkan embusan angin yang kuat menyebabkan seorang pengendara sepeda listrik jatuh terguling beberapa meter dari Kedutaan Besar Aljazair di Jalan Raya Dongzhimen.

Seusai upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, muslimin dan muslimat hadirin mengikuti pengajian rutin yang dirangkai dengan penyambutan pelajar baru dari berbagai daerah di Indonesia yang hendak melanjutkan jenjang pendidikan di sejumlah perguruan tinggi di China.

Pewarta: M Irfan Ilmie
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017