Padang (ANTARA News) - Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memastikan total hadiah bagi pemenang lomba balap sepeda Tour de Singkarak 2017 tidak berubah dari rencana semula yaitu tetap Rp2,3 miliar.

"Kami sudah konfirmasi terkait hal ini. Dipastikan tidak ada perubahan terkait jumlah hadiah," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemprov Sumbar, Oni Yulfian dia di Padang, Senin.

Ia menyatakan hal itu terkait adanya sejumlah umbul-umbul sosialisasi TdS 2017 di Jalan Sudirman tepatnya di depan Kantor Gubernur Sumbar yang menginformasikan total hadiah sebesar total Rp2 miliar.

Padahal saat rapat koordinasi TdS yang dilaksanakan sebelumnya dan launching TdS 2017, total hadiah untuk lomba balap sepeda internasional yang dilaksanakan di Sumbar 18 hingga 26 November 2017 itu berjumlah Rp2,3 miliar.

Oni mengatakan, pihaknya akan mengusahakan perbaikan umbul-umbul sosialisasi TdS 2017 yang terlanjur salah menginformasikan jumlah hadiah itu.

"Kami upayakan ganti secepatnya. Bagi pihak lain yang juga telanjur memasang kami koordinasikan untuk diperbaiki," kata dia.

Informasi yang salah pada umbul-umbul sosialisasi TdS 2017 itu sebelumnya juga ditanggapi oleh Wakil Gubenur Sumbar Nasrul Abit yang mengaku terkejut atas perubahan jumlah hadiah itu.

Ia mengatakan akan mengonfirmasi ulang secepatnya agar tidak ada kerancuan.

TdS 2017 merupakan yang ke sembilan kalinya digelar di Sumbar yang dijadwalkan pada 18 hingga 26 November 2017.

Balap sepeda internasional itu akan diikuti oleh peserta 20 tim sepeda masing-masing 15 tim international dan lima tim nasional dari 30 negara.

Pebalap akan melewati sembilan etape mulai 18 November masing-masing Grand Start dari Batusangkar, Tanah Datar-Padang dengan jarak tempuh 107 kilometer.

Etape II pada 19 November dari Painan, Pesisir Selatan- Sawahlunto sepanjang 166 kilometer, pada 20 November etape III dari Muaro Sijunjuang-Pulau Punjuang berjarak 100 kilometer.

Kemudian etape IV pada 21 November dari Danau Singkarak, Kabupaten Solok-Payakumbuh sepanjang 135 kilometer, etape V pada 22 November dari Lembah Harau, Limapuluhkota-Padang Panjang dengan jarak 101 kilometer.

Etape VI pada 23 November Kota Solok-Kayo Aro, Solok Selatan sepanjang 140 kilometer, Etape VII pada 24 November dari Pariaman-Pasaman Barat sepanjang 157 kilometer.

Etape VIII pada 25 November dari Padang Pariaman-Agam sepanjang 101 kilometer dan etape terakhir 26 November dari Pasaman-Bukittinggi 90 sepanjang kilometer.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017