Seoul (ANTARA News) - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengajak istri dan adiknya mengunjungi sebuah pabrik kosmetik dalam "kunjungan lapangan" di tengah kebuntuan masalah nuklir dengan Amerika Serikat (AS).

Selama kunjungan ke Pyongyang Cosmetics Factory di Ibu Kota, Kim memuji produksi pabrik itu sebagai produk "level dunia" yang mewujudkan "impian perempuan yang ingin menjadi lebih cantik" menurut siaran kantor berita pemerintah Korea Utara, KCNA, pada Minggu.

Menurut KCNA, Kim didampingi Kim Yo-jong, adik sekaligus anggota senior Partai Pekerja yang saat ini berkuasa, dengan sejumlah foto menunjukkan istri Kim, Ri Sol-ju yang mengenakan gaun bermotif bunga mengikutinya di pabrik itu.

Di pabrik itu, menurut KCNA, mereka melihat mosaik ayah mereka dengan tulisan "Untuk Memberi Rakyat Kita Kosmetik yang Lebih Baik".

Ri Sol-ju dan Kim Yo-jong dianggap sebagai perempuan paling berpengaruh di Korea Utara.

Mereka sering menemani Kim ke acara-acara resmi sejak dia berkuasa pada 2011, sebuah pelonggaran tradisi masa lalu ketika istri atau adik para pemimpin jarang tampil di hadapan publik.

Ri, mantan penyanyi yang juga dikenal menyukai fesyen mewah, diketahui memiliki tiga anak dari Kim.

Yo-jong, diduga berusia 20-an tahun, awal bulan ini dipromosikan menjadi anggota pengganti di politburo – badan pembuat keputusan partai berkuasa yang diketuai oleh kakaknya.

Dikenal sebagai orang yang menangani propaganda partai, Yo-jong terlihat mendampingi Kim.

Keduanya merupakan anak dari mendiang penguasa Kim Jong-Il dan pasangan ketiganya Ko Yong-hui, seorang penari.

Keluarga Kim telah memerintah negara bersenjata nuklir itu selama tiga generasi sejak negara terbentuk tahun 1948.(mu)

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017