Surabaya (ANTARA News) - Maskapai penerbangan Malaysia Airlines sekarang melayani penerbangan langsung dari Kuala Lumpur ke Surabaya dan sebaliknya, dengan penerbangan perdana dari Bandara Juanda Surabaya, Minggu (29/10).

Chief Commercial Officer Malaysia Airlines Arved von Zur Muehlen usai membuka kantor Malaysia Airlines di Surabaya, Senin, mengaku bangga dengan dibukanya penerbangan Kuala Lumpur ke Surabaya dan sebaliknya sebagai tujuan ke-4 di Indonesia setelah Jakarta, Bali dan Medan.

"Saya bangga untuk turut serta dalam merayakan dan menegaskan kembali hubungan yang erat antara Malaysia dan Indonesia dengan dibukanya kembali penerbangan kami ke Surabaya," kata Arved yang menambahkan bahwa maskapai itu akan menbambah frekuensi penerbangan pada Desember mendatang.

Penerbangan Kuala Lumpur-Surbaya akan dilayani empat kali seminggu dengan pesawat generasi terbaru B737-800 yang berkapasitas 160 penumpang, terdiri dari 16 kursi di kelas Bisnis dan 144 kursi di kelas Ekonomi.

Di kesempatan yang sama, Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Dato Seri Zahrain Mohamed Hashim mengatakan bahagia dengan dibukanya rute Surabaya-Kuala Lumpur. Menurutnya, potensi Jawa Timur khususnya Surabaya sangat besar tak hanya dalam bidang pariwisata tapi juga bisnis dan pendidikan.

"Beberapa tahun ke belakang sejak tragedi jatuhnya pesawat itu menurunkan kedudukan Malaysia Airlines. Dengan dibukannya di Surabaya, saya berharap dapat mendongrak lagi nama Malaysia Airlines," kata dia.

Dirinya berharap, nantinya warga Surabaya, tak hanya bisa ke langsung terbang ke Kuala Lumpur, tapi juga ke Kinabalu, Penang. Dirinya pun mengingatkan kepada agen perjalanan agar tidak melihat Malaysia-Indonesia sebagai dua negara asing tapi untuk memperkuat hubunga dua negara.

Pewarta: Indra Setiawan/Willy Irawan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017