Ambon, Maluku (ANTARA News) - "Tim dokter Singapore akan melakukan pemeriksaan dan operasi gratis bagi masyarakat kurang mampu di kota Ambon dan sekitarnya, pada 1-5 November 2017," kata Kepala Bidang Pelayanan Dinas Kesehatan kota Ambon, Robert Chandra, di Ambon, Senin.

Menurut dia, pemeriksaan dan operasi untuk penyakit mata, tulang, tumor, benjolan di tumbuh seperti gondok, luka bakar serta bibir sumbing.

Layanan pemeriksaan akan dilakukan di dua rumah sakit di Ambon, untuk mata akan dilakukan di Klinik Mata Ambon-Vlissingen di Passo, sedangkan operasi penyakit lain difokuskan di RS Dr Latumeten Ambon.

"Pemeriksaan mata akan dilakukan 1-3 November, sedangkan operasi luka bakar dan lainnya akan dimulai 3-5 November, karena itu kami membuka kesempatan bagi warga kota Ambon yang kurang mampu untuk segera mendaftarkan diri," ujarnya.

Chandra menjelaskan, sampai saat ini pasien yang telah terdaftar sebanyak 250 orang yang terdiri dari 130 pasien mata dan sisanya untuk penyakit tumor, tulang, luka bakar, dan bibir sumbing.

"Dari 250 pasien yang telah mendaftar sebagian berasal dari kabupaten dan kota di provinsi Maluku, karena itu kita mengimbau pasien datang pada 1 November untuk melakukan pemeriksaan awal, mengingat jumlah pasien yang terdaftar cukup banyak," katanya.

Kerja sama Kota Ambon dengan RSU Singapura itu telah dilakukan sejak 2015. Pada saat itu, mereka memberi pelatihan pada 200 perawat di Kota Ambon, mencakup langkah preventif yang bisa dilakukan tenaga medis di Puskesmas dalam penanganan pertolongan pertama kecelakaan atau P3K.

Pewarta: Penina Mayaut
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017