Washington (ANTARA News) - Para penyidik dugaan intervensi Rusia dalam Pemilu Amerika Serikat 2016 resmi mengajukan dakwaan kepada bekas manajer kampanye Predisen Donald Trump, Paul Manafort, dan orang dekat Trump lainnya, Rick Gates, dengan pasal pencucian uang, Senin waktu setempat atau Selasa WIB.

Mantan penasihat Trump ketiga yang didakwa adalah George Papadopoulos mengaku bersalah awal Oktober silam karena telah berbohong kepada FBI.

Ini adalah perkembangan menghebohkan dari investigasi selama lima bulan pimpinan Pengacara Khusus Departemen Kehakiman AS Robert Mueller mengenai keterlibatan Rusia dalam mengarahkan orientasi Pemilu AS yang tujuannya memenangan Trump dan kolusinya dengan orang-orang dekat Donald Trump.

Manafort (68) yang sudah lama menjadi kader Republik, dan Gates, telah diseret ke pengadilan federal di Washington.

Kedua orang menyatakan tidak bersalah dalam dakwaan berisi 12 tuduhan kriminal mulai dari pencucian orang sampai menjadi agen-agen tak resmi pemerintah Ukraina yang pro-Rusia.

Hakim telah memerintahkan mereka dikenai tahanan rumah. Manafort dikenai jaminan 10 juta dolar, sedangkan Gates 5 juta dolar. Mereka akan muncul lagi di pengadilan Kamis pekan ini.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017