Tokyo (ANTARA News) - Sutradara Yoji Yamada kembali melanjutkan cerita tentang sebuah keluarga Hirata yang terdiri dari tiga generasi beserta segala persoalan yang mereka alami sehari-hari.

Dalam film “What a Wonferful Family!” yang pertama, Yoji mengisahkan sepasang kakek nenek yang membuat anak-anaknya kalang kabut karena berada di ambang perceraian. 

Pada sekuelnya, beberapa tahun telah berlalu sejak Shuzo dan istrinya Tomiko nyaris berpisah. Mereka tinggal serumah bersama anak pertama, menantu serta dua cucunya. 

Meski sudah lanjut usia, Shuzo masih senang menyetir mobil untuk berjalan-jalan di luar rumah. Khawatir setelah melihat kondisi mobil yang baret-baret, keluarganya takut Shuzo suatu saat mengalami kecelakaan lalu lintas. Mereka berusaha membuat Shuzo berhenti menyetir mobil, tapi itu berujung pada perdebatan alot.

Shuzo menganggap perhatian keluarganya itu sebagai bentuk pengekangan dan ocehan rewel yang menyebalkan.

Strategi rumit diterapkan agar pesan itu bisa sampai. Konosuke, si anak pertama, menyuruh istrinya. Tapi Fumie yakin mertuanya tak mau mendengarkannya, lalu ia berbalik pada adik iparnya, Shigeko. Enggan diomeli ayah, Shigeko malah menyuruh suaminya yang mengalihkan tanggung jawab itu pada si bungsu Shota. Noriko, istri Shota, juga diminta membantu meyakinkan ayah mereka.

Di sisi lain, ayahnya bertemu dengan seorang teman lama yang sudah lama tinggal sendirian tanpa anak dan istri, membuatnya menyadari betapa beruntungnya ia dikelilingi keluarga besar.

Film bergenre komedi ini menghadirkan deretan pemeran yang sama seperti film terdahulunya. 

Isao Hashizume menghidupkan lagi karakter Shuzo, kakek keras kepala yang gemar beradu mulut dengan anak-anaknya.  Kazuko Yoshiyuki berperan jadi Tomiko yang dalam film ini tidak banyak muncul karena dikisahkan sedang berlibur ke Eropa untuk melihat aurora.

Masahiko Nishimura menjadi Konosuke, anak pertama yang berperangai mirip ayahnya sehingga mereka jarang bisa akur. Istrinya, Fumie (Yui Natsukawa) adalah yang mengurus segala tetek bengek rumah tangga. Fumie sangat peduli pada mertuanya, dia salah satu orang yang berkeras agar Shuzo berhenti menyetir mobil sendiri.

Tomoko Nakajima berperan sebagai Shigeko, anak kedua yang tegas dan lebih galak. Shigeko bersuamikan Taizo (Shozo Hayashiya), tipikal “suami takut istri” yang membuat posisi Shigeko seakan lebih superior. Sementara pasangan terakhir adalah Shota (Satoshi Tsumabuki) dan Noriko (Yu Aoi). Shota adalah putra bungsu dari Shuzo-Tomiko yang baru saja melepas masa lajang.

Dinamika hubungan dari anggota keluarga Hirata mengundang banyak tawa ditambah dialog-dialog kocak serta beberapa adegan slapstick yang terasa pas.

“What a Wonderful Family 2” menunjukkan bahwa selalu ada pahit dan manis dalam keluarga, namun pada akhirnya mereka adalah orang-orang yang bisa diandalkan di saat-saat terberat. 

Film ini ditayangkan dalam program Japan Now di Festival Film Internasional Tokyo (TIFF) 2017.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017