Jakarta (ANTARA News) - Antolologi puisi karya ditambah cuplikan novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono kini tersedia dalam bahasa Mandarin. 

Di sisi puisi dalam bahasa Mandarin tersedia bait puisi dalam bahasa Indonesia. 

Sang penerjemah, TF Chan yang merupakan diaspora asal Indonesia yang saat ini bermukim di Hong Kong mengaku tertarik pada puisi karya Sapardi. 

Kendati memang awalnya dia tak tahu siapa sosok Sapardi, ditambah dirinya bukan berlatar belakang bahasa. Namun ketertarikan mendorongnya menerjemahkan karya Sapardi. 

"Saya baru tahu, begitu menarik puisi Sapardi, menimbulkan satu resonansi pada diri saya, ada dorongan untuk menerjemahkan ke bahasa Mandarin," ujar dia dalam peluncuran buku Hujan Bulan Juni Bilingual Indonesia Tiongkok di Jakarta, Rabu. 

"Saya bukan orang sastra, bukan penerjemah profesional, bukan peninjau kebudayaan. Hanya kebetulan," sambung Chan. 

Sementara itu sang empunya karya, tak bisa menyembunyikan rasa senangnya mengetahui ada orang yang kembali berminat menerjemahkan puisinya. 

"Film lalu terjemahan, saya senang sekali. Berarti banyak orang yang berminat membaca puisi saya," kara Sapardi dalam kesempatan yang sama. 

Sebelumnya, Hujan Bulan Juni sebagai kumpulan puisi telah dialihbahasakan ke dalam sejumlah bahasa yakni bahasa Inggris, Jepang dan Arab. 

Karya Sapardi yang lain berupa sajak dan esai bahkan juga telah diterjemahkan ke dalam belasan bahasa antara lain: bahasa Inggris, Jerman, Prancis, Belanda, Arab, Jepang, Jawa, Italia, Bali, Portugis, Korea, Tagalog, Thai, Melayu, Rusia dan Urdu. 

Dalam kesempatan yang sama, General Manajer Gramedia Pustaka Utama (GPU), Siti Gretiani berharap karya sastra milik sastrawan tanah air bisa menjadi pelengkap bahan bacaan anak-anak Indonesia yang mempelajari bahasa Mandarin di sekolah-sekolah. 

"Banyak sekolah-sekolah yang kurikulumnya menerapkan bahasa Mandarin. Buku ini semoga bisa menjadi pelengkap bahan bacaan anak Indonesia dalam bahasa Mandarin, sekaligus memperkenalkan pengarang Indonesia pada mereka," papar Siti. 

Dia mengatakan nantinya buku Hujan Bulan Juni ini diharapkan juga segera hadir di toko-toko buku di China. 

Pewarta: Lia Santosa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017