Jakarta (ANTARA News) - Samsung sejak bulan September resmi menghadirkan Galaxy Note 8 di Indonesia, flaghsip di lini Note setelah beberapa bulan sebelumnya perusahaan asal Korea Selatan ini membuat ponsel premium duo Galaxy S8 dan S8+.

Layaknya ponsel keluaran terbaru, Samsung menaruh teknologi terkini di handset yang ditujukan bagi para profesional untuk menunjang pekerjaan maupun aktivitas sehari-hari mereka.

Paling utama, Samsung menawarkan teknologi di kamera ganda, S Pen, serta asisten suara yang mereka kembangkan sendiri Bixby. Performa baterai ponsel ini mampu menepis kekhawatiran yang terjadi pada pendahulunya, Note 7.

ANTARA News berkesempatan mencoba handset ini selama beberapa waktu.

Bodi dan rancangan
Samsung mengemas Note 8 dalam rangka aluminium berbalut gelas yang sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 5, menghasilkan kesan yang kokoh ketika digenggam sekaligus tampilan yang berkelas.

Ciri khas dari lini Note, yaitu layar besar, tetap dipertahankan, kali ini Samsung memakai layar sebesar 6,3 inci dengan rasio 18:5:9.

Dengan rasio tersebut, handset terlihat tinggi, namun, nyaman digenggam dengan satu tangan karena bentuknya yang ramping, tidak lebar seperti ponsel berlayar besar lainnya.

Bentuk yang ramping juga memudahkan ponsel dioperasikan dengan satu tangan, terutama bagi pengguna yang terbiasa memegang ponsel dengan tangan kanan.

Tombol daya terletak di sebelah kanan dan volume di sebelah kiri, tidak menyulitkan untuk mengambil tangkapan layar (screenshot) dengan satu tangan.

Sayangnya, tombol Bixby yang terletak di bawah volume seringkali mengecoh pengguna yang mengirannya tombol daya.

Ponsel flagship Samsung keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan pemindai sidik jari yang terletak di bagian belakang, di sebelah kiri kamera ganda.

Letak fingerprint scanner ini cukup menyulitkan pengguna yang terbiasa menggunakan tangan kanan, lalu mendaftarkan sidik jari telunjuk kanan untuk mengaktifkan ponsel.

ANTARA News sering kali harus meraba-raba letak pemindai atau kurang pas menempatkan jari.

Note 8 sudah mengantongi sertifikasi IP68 sehingga tahan air dan debu. Setelah direndam sekitar 15 menit, semua fungsi di ponsel langsung dapat digunakan tanpa kendala.

Perangkat lunak
Samsung Galaxy Note 8 berjalan dengan Android Nougat, tergolong terbaru untuk ponsel berbasis Android.

Perlu diketahu, saat ini hanya handset Google Pixel generasi kedua yang mendapatkan akses ke Android Oreo.

Seperti yang ditemukan pada ponsel berbasis Nougat, Note 8 juga dapat digunakan untuk split screen, membuka dua aplikasi sekaligus.

Beberapa ponsel mengizinkan modus ini dipakai saat layar horizontal, namun, Galaxy Note 8 juga mempertahankan fitur ini untuk dipakai ketika layar vertikal.

Misalnya, pengguna tetap dapat berselancar di peramban Google Chrome sambil membalas pesan di aplikasi mengobrol.

Kamera ganda
Yang menjadi pembeda dengan flaghsip Samsung yang lebih dulu beredar, S8 dan S8+, Note 8 menawarkan kamera ganda konfigurasi lensa telephoto dan wide, yang ditempatkan secara sejajar di belakang.

Kedua kamera itu memakai resolusi 12MP, untuk lensa wide bukaan sebesar f/1.7 dan focal length 26 milimeter. Sementara lensa tele dibekali bukaan f/2.4 dan focal length 52 milimeter.

Efek bokeh merupakan fitur yang paling menonjol dengan set-up kamera ganda ini, pengguna dapat mengambil foto layaknya menggunakan kamera profesional.

Cara menggunakan efek ini tergolong mudah, aktifkan modus “Live Focus” yang terletak di atas tombol shutter. 

Sesuaikan jarak dengan subjek foto hingga muncul notifikasi modus tersebut dapat digunakan.

Menariknya, Note 8 menyediakan kesempatan untuk mengatur tingkat efek kabur setelah foto selesai diambil, serta versi asli foto jika tidak menggunakan modus “Live Focus”.



Bagi penggemar fotografi, Note 8 menyediakan modus “Pro” sehingga pengguna bisa menyesuaikan kebutuhan pengaturan kamera, mulai dari ISO hingga Speed.

Para “foodie”, atau penggemar makanan, dimanjakan dengan modus “Food” untuk menghasilkan gambar fokus ke hidangan dan warna yang lebih terang sehingga makanan terlihat lebih menggiurkan.


Sementara untuk kamera depan, Samsung mengandalkan kamera 8MP dengan fitur Beautification serta serta stiker.

Kamera Galaxy Note 8 sudah dapat merekam video 4K, yang memiliki berbagai modus terintegrasi, seperti “hyperlapse”, “slow motion” dan “sport” untuk memotret subjek gambar bergerak.

S Pen
S Pen di Samsung Galaxy Note 8 sangat menunjang penggunanya yang bekerja di bidang desain, stylus ini dapat digunakan untuk membuat gambar detail yang kecil.

Fitur menyenangkan yang dapat dilakukan dengan S Pen di Note 8 adalah Live Message, mirip seperti Animoji di perangkat iPhone.

Pengguna bisa membuat GIF yang ditulis dengan tangan, gambar tersebut akan terputar seolah sedang menulis huruf per huruf.

S Pen juga dapat digunakan untuk menerjemahkan bahasa tanpa perlu mengetik kata yang ingin dialihbahasakan. Cukup tunjuk kata yang ingin diterjemahkan atau biarkan stylus hover, menunjuk tanpa harus kena layar, akan muncul padanan kata ke bahasa yang diinginkan.

Selain kata, S Pen juga dapat digunakan untuk menerjemahkan kalimat. Fitur ini berguna bila Anda membuka laman berbahasa asing selain Inggris, misalnya berbahasa Prancis, dan memberikan terjemehan yang cukup dapat dipahami.

Bixby
Samsung sudah menyematkan teknologi asisten suara yang mereka kembangkan sendiri, Bixby, sejak meluncurkan duo S8 awal tahun ini.

Fungsi Bixby mirip seperti asisten suara Apple dengan Siri, dapat diperintahkan untuk mengaktifkan fitur-fitur yang ada di ponsel.

Samsung juga menambah kemampuan Bixby di kamera mereka, dengan Bixby Vision, untuk mengenali objek yang ada di gambar dan memberi padanannya dengan yang ada di dunia maya.

Aktifkan Bixby Vision di kamera, Bixby akan memberikan informasi objek tersebut, atau yang serupa, berupa konten di situs lain. 

Baterai dan performa
Samsung memakai chipset Snapdragon 835, didukung RAM 6GB dan kapasitas penyimpanan internal 64GB yang dapat diperluas dengan microSD hingga 256GB.

Spesifikasi tersebut membuat Note 8 dapat menjalankan fitur-fitur yang ada di dalamnya dengan performa tinggi, bahkan ketika membuka dua aplikasi sekaligus.

Samsung juga berhasil menghilangkan kekhawatiran konsumen mengenai baterai di lini Note, selama menggunakan, ANTARA News tidak menemukan kendala baterai.

Daya tahan baterai pun tergolong awet untuk baterai sebesar 3.300mAh, ANTARA News hanya perlu mengisi ulang sekali selama sehari.

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017