Survei Populi Center tunjukkan elektabilitas Jokowi tertinggi

Survei Populi Center tunjukkan elektabilitas Jokowi tertinggi

Presiden Joko Widodo. (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

... menunjukkan Pemilu 2019 masih berupa pertarungan antara Pak Jokowi dan Pak Prabowo...
Jakarta (ANTARA News) - Hasil survei lembaga kajian Populi Center untuk Pemilu 2019 menunjukkan elektabilitas Presiden Joko Widodo tertinggi dibandingkan sejumlah nama yang disebut akan maju.

Berdasarkan survei yang dilakukan pada 19 Oktober-26 Oktober 2017 terhadap 1.200 responden dengan metode survei multistage random sampling, margin of error 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen, elektabilitas Jokowi mencapai 49,4 persen atau tertinggi jika diajukan pertanyaan spontan.

Di bawah Jokowi muncul nama Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dengan elektabilitas 21,7 persen, lalu Jenderal TNI Gatot Nurmantyo 2,0 persen.

"Ini menunjukkan Pemilu 2019 masih berupa pertarungan antara Pak Jokowi dan Pak Prabowo," ujar Direktur Populi Center, Usep S Ahyar, dalam pemaparan hasil survei bertajuk 3 Tahun Indonesia Sentris: Penilaian Dari Rakyat, di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, dalam pertanyaan tertutup di mana hanya menampilkan dua calon yakni Jokowi dan Prabowo, elektabilitas Jokowi tetap berada di atas Prabowo.

"Jika calon pesertanya hanya dua, sebanyak 56,7 persen responden memilih pak Jokowi, sedangkan yang memilih pak Prabowo 31,9 persen, dan 11,3 persen sisanya tidak tahu atau tidak menjawab," ujar Usep.

Survei juga menunjukkan Jokowi unggul di seluruh kategori usia pemilih dan mayoritas pemilih Jokowi adalah usia 36-45 tahun.

Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar