CIA umumkan barang sitaan saat penggerebekan Osama bin Laden

CIA umumkan barang sitaan saat penggerebekan Osama bin Laden

Anak laki-laki Osama bin Laden, Hamza bin Laden (Reuters)

... di antaranya Antz, Cars, dan film animasi lain, permainan Final Fantasy VII dan Where in the World is Osama bin Laden, serta dua dokumenter lain tentang pemimpin al Qaeda...
Washington (ANTARA News) - Komputer temuan dalam penggerebekan pasukan khusus Amerika Serikat pada 2011, yang menewaskan Osama bin Laden, berisi kumpulan video kartun anak-anak, film Hollywood dan tiga dokumenter, diumumkan Badan Intelijen Pusat AS (CIA), Rabu.

Daftar video tersebut dimasukkan dalam pengumuman CIA, yang terdiri atas hampir 470.000 berkas, yang ditemukan di komputer yang disita dalam penggerebekan pada 2 Mei 2011 itu di tempat persembunyian pendiri al Qaeda tersebut di Abbottabad, Pakistan.

Itu keempat kali barang dari gugus berbenteng tempat bin Laden dan keluarganya tinggal diumumkan pemerintah AS sejak Mei 2015.

Beberapa barang, yang belum diumumkan dan masih ditahan, karena dapat membahayakan keamanan negara, telah kosong dan rusak atau berisi berkas duplikat, pornografi atau yang dilindungi oleh hak cipta, kata pernyataan CIA.

Barang yang dilindungi hak cipta mencakup lebih dari dua puluhan video, di antaranya Antz, Cars, dan film animasi lain, permainan Final Fantasy VII dan Where in the World is Osama bin Laden, serta dua dokumenter lain tentang pemimpin al Qaeda, demikian CIA.

"Pengungkapan hari ini berupa surat-surat al Qaeda, video, berkas audio dan materi lain yang telah dipulihkan kembali akan memberi kesempatan bagi masyarakat Amerika untuk memperoleh wawasan lebih lanjut tentang rencana dan cara kerja organisasi teroris ini," kata Direktur CIA, Mike Pompeo, "CIA akan terus mencari peluang untuk berbagi informasi dengan rakyat Amerika sesuai dengan kewajiban kita untuk melindungi keamanan nasional."

Barang itu disiarkan pada Rabu lewat jaringan https://www.cia.gov/library/abbottabad-compound/ dalam bahasa Arab seperti aslinya.

Barang itu termasuk jurnal pribadi bin Laden dan 18.000 berkas dokumen, sekitar 79.000 berkas audio dan gambar serta lebih dari 10.000 berkas video, demikian CIA.

CIA mengatakan bahwa barang yang diumumkan itu tampak seperti wujudnya pada masa lalu, memberikan wawasan tentang asal-usul perbedaan al Qaeda dengan ISIS, ketidaksepakatan di dalam al Qaeda dan sekutunya, dan masalah al Qaeda saat kematian bin Laden.

Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar