Jakarta (Antara) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mengecek kondisi area Pasar Tanah Abang saat lari pagi dari kediamannya di Jalan Pulombangkeng menuju Lapangan Monumen Nasional melalui kawasan pasar di Jakarta Pusat itu pada Jumat.

"Hari ini melalui yang beda di jalan KH Mas Mansyur. Teman-teman Bina Marga, Pak Yusmada terutama, bahwa kita mesti kerja keras di Jalan Mas Mansyur karena sangat tidak pedestrian friendly," kata Sandiaga di Lapangan Monas, Jakarta Pusat.

Saat melalui kawasan Pasar Tanah Abang sekitar pukul 07.00 WIB, ia melihat sendiri ketidaktertiban di kawasan itu.

"Jadi belum terlalu puncaknya, katanya puncaknya di atas jam 08.00 dan PKL relatif tertib tapi memang banyak angkot yang ngetem, kopamilet, ojek ada beberapa yang lawan arah, diingetin malah membentak saya karena dia enggak tahu siapa yah. Mengeluarkan kata-kata penghinaan," kata Sandiaga.

"Kalau buat meme saja dihukum, kalau itu enggak tahu hukumannya apa. Padahal kita lagi lari dengan sopan ya di trotoar, yang sebetulnya bagus. Jadi itu ojek bukan ojek online, tapi ojek pangkalan melawan arah, dan di atas trotoar," katanya.

"Jadi teman-teman ojek pangkalan mungkin salah satu yang mesti kita rangkul. Terus teman-teman menemukan mulai dari Tanah Abang sampai sini trotoarnya sudah bagus sekali. Udah world class (kelas dunia) menurut saya, tinggal kedisiplinan dari pengguna kendaraan bermotor," ia menambahkan.

Selama lari pagi, Sandiaga juga menyaksikan bagian-bagian Jakarta yang sudah siap untuk penyelenggaraan Asian Games dan yang belum.

"Kawasan yang siap itu bagian dari penataan kawasan Thamrin ke sini, yang belum siap yang di daerah enggak jauh dari situ, yang ada patahannya kayak Mas Mansyur, daerah Tanah Abang. Yang enggak terlihat itu sangat perlu diperhatikan," katanya.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017