Manado (ANTARA News) - Sejumlah nelayan di Kota Bitung, Sulawesi Utara, menerima perahu bantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Wakil Wali Kota Bitung Maurits Mantiri secara seremonial menyerahkan secara langsung perahu bantuan KKP kepada Kelompok Usaha Ambar Laut Girian Bawah di Bitung, Jumat.

"Bantuan ini semata-mata merupakan sebuah rangsangan, motivasi dan vitamin bagi para nelayan di Kota Bitung untuk lebih meningkatkan kinerja, mengingat Kota Bitung merupakan kota dengan wilayah laut yang luas dan Kota Industri Perikanan," kata Maurits.

Hal itu, lanjut Maurits, sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan perekonomian para nelayan yang menjadi pekerjaan sebagian besar masyarakat Kota Bitung, di mana Kota Bitung juga hidup dari sebagian hasil yang mereka peroleh.

"Bantuan ini juga merupakan bantuan berkelanjutan yang akan disalurkan kepada kelompok-kelompok usaha lain di Kota Bitung sekaligus ini merupakan program kerja dari Presiden Jokowi," katanya.

Dijelaskan pula bahwa bantuan juga bukan hanya diperuntukkan bagi nelayan, ada juga bantuan untuk para petani di Kota Bitung, pemerintah bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Sulut.

Dia menjelaskan untuk pemberdayaan para petani dengan memberikan berbagai pelatihan manajemen koperasi untuk mengembangkan keahlian sehingga mampu mengeksplor, mengembangkan, serta membuka cakrawala berpikir masyarakat sehingga mampu menghasilkan ekonomi kreatif dan berinovasi.

"Pemerintah Kota Bitung berkomitmen agar kemajuan di daerah ini lebih ditingkatkan dan kesejahteraan menjadi bagian dari masyarakat Kota Bitung," tutup Mantiri.

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2017