Jakarta (ANTARA News) - Pemain asing bola basket Nathaniel Earl Barfield bergabung dengan W88.News Aspac mulai musim depan, dari klub lamanya NSH Jakarta, demi untuk berkontribusi dalam pengembangan kualitas permainan liga basket Indonesia.

"Saya ingin bermain untuk tim mana pun di IBL. Saya hanya ingin membantu tim untuk menjuarai liga dan para pemain di sini lebih profesional dan tangguh," kata pemain yang akrab disapa Nate di Jakarta, Jumat.

Nate berharap dapat mengantarkan Aspac untuk menjadi juara pada IBL Pertalite 2017-2018 yang mulai berlangsung di Semarang pada 8 Desember mendatang.

"NSH adalah tim yang bagus. Tapi, Aspac bermain lebih bagus pada musim lalu. Kita akan melihat apa yang akan terjadi pada musim ini. Saya ingin memenangkan Aspac," kata pemain asal kampus Langston University, Oklahoma, Amerika Serikat itu.

Nate mengaku mulai berlatih dengan para pemain lain tim Aspac pada Jumat guna mengikuti Perbasi Cup 2017 di Britama Arena Jakarta, pada 6-10 November.

"Kami ingin akan bekerja keras agar menang pada setiap pertandingan," kata Nate.

Direktur IBL Hasan Gozali mengatakan kehadiran 20 pemain asing pada IBL musim 2017-2018 akan menambah persaingan antara 10 tim bola basket nasional itu.

"Kami berharap para pemain asing dapat menularkan ilmu dan profesionalitas mereka kepada para pemain lokal di masing-masing tim," ujar Gozali.

Selain Nate, IBL musim 2017-2018 juga kembali menghadirkan dua pemain asing lain yang telah mengikuti musim sebelumnya. Mereka adalah Dominique Neslon Williams dan David Vincent Seagers.

Dominique akan tetap berada pada tim Aspac dan akan menjadi rekan satu tim Nate. Sedangkan David Seagers juga akan tetap berada pada tim sebelumnya yaitu Pacific Caesar.

Babak reguler IBL musim 2017-2018 akan berlangsung di delapan kota yaitu Semarang, Bandung, Solo, Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Cirebon, dan Malang mulai Desember 2017 hingga akhir Februari 2018.

"Kami ingin memperluas jangkauan IBL dan menyapa penggemar bola basket nasional dengan merambah kota Malang, Solo, dan Cirebon. IBL musim ini juga tidak ada kota yang dua kali menjadi tuan rumah pada babak reguler," kata Gozali.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017