Investasi itu akan segera dilakukan dan jumlah itu bagian dari rencana investasi Pelindo 3 yang direncanakan pada RKAP (Rencana Kerja Anggaran Perusahaaan) 2018 yang sebesar Rp7,8 triliun."
Medan (ANTARA News) - PT Pelindo 3 bersiap berinvestasi minimal Rp1 triliun di wilayah kerja PT Pelindo 1 untuk meningkatkan sinergi antarBUMN dan melihat besarnya potensi bisnis di kawasan Pelindo 1.

"Investasi itu akan segera dilakukan dan jumlah itu bagian dari rencana investasi Pelindo 3 yang direncanakan pada RKAP (Rencana Kerja Anggaran Perusahaaan) 2018 yang sebesar Rp7,8 triliun," ujar Direktur Utama Pelindo 3 IGN Askhara Danadiputra di Medan, Jumat.

Dia mengatakan itu pada acara penandatanganan kerja sama PT Pelindo 1 dan Pelindo 3 dalam bisnis pelayanan jasa pemanduan di perairan Selat Malaka-Selat Singapura.

Kerja sama itu ditandatangani Direktur Utama Pelindo 1 Bambang Eka Cahyana dan Direktur Utama Pelindo 3 IGN Askhara Danadiputra.

Menurut dia, investasi Pelindo 3 di wilayah Pelindo 1 seperti di Pelabuhan Kualatanjung dan di Aceh akan segera dilakukan pada awal tahun 2018.

Maksimal paling lama enam bulan ke depan, investasi Pelindo 3 sudah akan dilaksanakan di wilayah bisnis Pelindo 1.

"Setelah kerja sama dalam bisnis pelayanan jasa pemanduan di Selat Malaka, maka akan terus ada lanjutan kesepakatan lain. Pastinya tahap awal akan ada investasi di wilayah Pelindo 1 minimal sebesar Rp1 triliun." katanya.

Dia menegaskan, bisnis Pelindo 3 sendiri, dewasa ini, bukan hanya di sektor pelabuhan, tetapi juga ke berbagai sektor termasuk properti dan gas.

"Manajemen Pelindo 3 juga akan mengajak Pelindo 1 berbisnis atau berinvestasi di wilayah Pelindo 3 termasuk dengan berbisnis dengan anak usaha Pelindo 3,"katanya.

Direktur Utama Pelindo 1 Bambang Eka Cahyana mengaku siap bermitra dengan pelindo 3.

Menurut Bambang Eka Cahyana, kerja sama itu dilakukan untuk memperkuat bisnis dan kinerja yang pada akhirnya menguatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Kerja sama itu akan mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh Pelindo 1 dan Pelindo 3 untuk menghadapi perkembangan bisnis.

Untuk meningkatkan bisnis, Pelindo 1 juga terus meningkatkan sumber daya manusia dan infrastrukturnya.

Kerja sama Pelindo 1 dengan anak usaha Pelindo 3 yakni PT Pelindo Marine Service dalam pemasaran jasa pelayanan pemanduan untuk kapal-kapal di Selat Malaka-Selat Singapura misalnya terlebih dahulu dilakukan persiapan SDM yang investasinya juga cukup besar.

"Pelindo 1 serius dan komitmen terus memperkuat bisnis khususnya dengan besinergi antarBUMN," katanya.

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017