Solo (ANTARA News) - Pemerintah Kota Solo memberi seragam kepada 50 pengayuh becak yang bertugas saat acara pernikahan anak kedua Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu.

"Ya biar seragam, biar bagus dan pantes saat nyambut tamu," kata Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo di sela pemberian seragam batik kepada para pembecak di Rumah Dinas Wali Kota Loji Gandrung Solo, Sabtu.

Selain memberikan seragam, ia berpesan kepada para pembecak agar bertugas dengan baik terutama saat melayani penumpang yang merupakan tamu-tamu penting.

"Harus rapi, terutama harus sopan terhadap para tamu," katanya.

Nantinya, ia akan mengawasi secara langsung proses perjalanan tamu dari lokasi parkir menuju gedung. Ia berharap agar para pembecak bertanggung jawab atas tugasnya masing-masing.

Selain diberi seragam, para pembecak diharuskan memakai bawahan celana panjang berwarna gelap dan bersepatu.

Sementara itu, selain pembecak, Rudy juga membagikan seragam kepada sebanyak 54 petugas kebersihan dan 144 anggota Linmas yang juga bertugas pada hari besar tersebut.

"Khusus petugas kebersihan mendapatkan dua potong baju batik karena pekerjaan mereka dari pagi hingga malam hari," katanya.

Salah satu pengemudi becak Rahmadi mengaku senang bisa turut "mangayubagya" pernikahan putri Presiden. Dia mengatakan telah melakukan beberapa persiapan fisik untuk menjaga kesehatan.

"Tidak minum es, biar tidak masuk angin," katanya.

Pewarta: Aris Wasita Widiastuti
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017