Jakarta (ANTARA News) - Terkadang sebagian dari kita kalap kala menyantap makanan manis semisal permen atau kue-kue di suatu acara. Padahal, hal ini bisa membuat kadar gula darah melonjak. Lalu apa yang harus dilakukan?

1. Konsumsilah protein dan serat

Stabilkan gula darah Anda dengan mengonsumsi protein dan serat yang mudah larut. Jika tidak, gula darah akan terhambat, sehingga Anda merasa lapar dan ingin makan lagi, ujar konsultan nutrisi Brierley Horton, MS, RD. Pilihan camilan yang bisa Anda makan antara lain telur rebus, atau sayuran.


2. Siapkan makanan sehat di waktu makan berikutnya


Mengkonsumsi makanan manis membuat Anda ingin lebih banyak makanan tak sehat. Taruhlah makanan sehat di atas meja makan Anda, sehingga tidak akan tergoda untuk memesan makanan dari luar.


3. Konsumsi probiotik


Sebuah studi dari Oregon State University menunjukkan bahwa bakteri "buruk" di usus memakan gula yang Anda konsumsi dan ini dapat mempengaruhi fungsi kognitif Anda.

Bila Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan manis, cobalah konsumsi probiotik misalnya yogurt untuk menambahkan pasukan bakteri "baik" dalam tubuh Anda. Demikian seperti dilansir laman Health.com.

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017